PENGARUH STRES KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi Pada Karyawan PT. Pertamina RU VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat )

NUGROHO, FEBRIAN ADI (2020) PENGARUH STRES KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi Pada Karyawan PT. Pertamina RU VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat ). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI .pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Febrian Adi Nugroho, Nomor Induk Mahasiswa 152160084, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian “Pengaruh Stres Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Serta Implikasinya Tehadap Kepuasan Kerja” (Studi Pada Karyawan PT Pertamina RU VI Balongan), 2020. Dosen pembimbing I Hastho Joko Nur Utomo dan dosen pembimbing II Sadeli.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh stres kerja dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja serta implikasinya terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah Karyawan PT Pertamina RU VI Balongan. Ukuran Sampel pada penelitian ini 92 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah unproportional unstratified random sampling. Data penelitian merupakan data primer yaitu langsung diambil dari karyawan PT Pertamina RU VI Balongan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Teknik analisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Software yang digunakan untuk mengolah data penelitian ini adalah SmartPLS 3.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh negatif dan signifikan antara stres kerja terhadap prestasi kerja. Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap prestasi kerja. Ada pengaruh negatif dan signifikan antara stres kerja terhadap kepuasan kerja. Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kepuasan kerja. Ada pengauh positif dan signifikan antara prestasi kerja terhadap kepuasan kerja. Ada pengaruh negatif dan signifikan antara stres kerja terhadap kepuasan kerja melalui prestasi kerja. Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kepuasan kerja melalui presttasi kerja.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan perusahaan memperhatikan tingkat stres kerja karyawan dengan memberikan pekerjaan dan tugas sesuai bidangnya, perusahaan memberikan motivasi kerja yang tinggi kepada karyawan, dan perusahaan perlu memperhatikan karyawan dengan capaian prestasi kerja yang tinggi dan memberikan penghargaan yang lebih tinggi sehingga kepuasan kerja karyawan dapat meninngkat.
Kata kunci : Stres Kerja, Motivasi Kerja, Prestasi Kerja, dan Kepuasan Kerja

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Stres Kerja, Motivasi Kerja, Prestasi Kerja, dan Kepuasan Kerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 07 Dec 2020 07:34
Last Modified: 24 Jan 2023 07:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24091

Actions (login required)

View Item View Item