PENGARUH LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN COST OF CAPITAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Property Subsektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

Rahmasari, Adityas Ayu (2020) PENGARUH LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN COST OF CAPITAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Property Subsektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 3.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Adityas Ayu Rahmasari , Nomor Induk Mahasiswa 152160097, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian Pengaruh Leverage terhadap Profitabilitas dengan Cost Of Capital sebagai Variabel Intervening(Studi Pada Perusahaan Property Subsector Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)Dosen Pembimbing I: Dr. Sadeli, S.Sos, M.Si. dan Dosen Pembimbing II: Dr Meilan Sugiarto, M.Si.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Leverage terhadap Profitabilitas melalui Cost Of Capital Populasi penelitian ini adalah sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 - 2018. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 17 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data dengan Structural Equation Modelling Generalized Partial Least Square (PLS-SEM)..
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas, Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Cost Of Capital, Cost Of Capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas, melalui Cost Of Capital.
Kesimpulan dari penelitian ini antara lain Leverage berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas dan Cost Of Capital, Cost Of Capital signifikan terhadap Profitabilitas,dan Leverage signifikan terhadap Profitabilitas, melalui Cost Of Capital dapat disebut Cost Of Capital mampu memidiasi pengaruh Leverage terhadap Profitabilitas. Saran penelitian ini ditujukan untuk perusahaan yang diteliti. Bagi perusahaan perlu untuk terus menjaga penggunaan aktiva dan sumber dana oleh perusahaan yang memiliki biaya tetap (beban bunga) dengan maksud agar meningkatkan keuntungan potensial. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan variabel lain serta dapat mengembangkan sampel menjadi lebih luas.
Kata kunci : Leverage, Cost Of Capital, Profitabilitas

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Leverage, Cost Of Capital, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:28
Last Modified: 13 Mar 2023 03:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23954

Actions (login required)

View Item View Item