ANALISIS PENENTUAN KOMBINASI LEVEL FAKTOR UNTUK MEMINIMALKAN CACAT PATAH PADA OBJEK SABIT HASIL PROSES PENEMPAAN (FORGING) MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di Pande Besi Mbah Mardi, Magelang)

Ghaniy, Abdul (2020) ANALISIS PENENTUAN KOMBINASI LEVEL FAKTOR UNTUK MEMINIMALKAN CACAT PATAH PADA OBJEK SABIT HASIL PROSES PENEMPAAN (FORGING) MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di Pande Besi Mbah Mardi, Magelang). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (808kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of TUGAS-AKHIR.pdf] Text
TUGAS-AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Pande besi Mbah Mardi merupakan salah satu pande besi yang bergerak di industri barang logam di Kabupaten Magelang. Salah satu produknya adalah sabit. Permasalahan yang sering terjadi pada produk hasil produksi adalah terjadinya patah atau retak pada mata pisau sabit. Berdasarrkan data yang diperoleh saat observasi, setiap hari dapat menghasilkan sabit 10 sampai 15 buah sabit, dari 10 sabit yang dibuat dua sampai empat produk mengalami kertakan atau patah. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut salah satu metode yang dapat digunakan adalah desain eksperimen (metode Taguchi).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kekerasan yang optimal melalui eksperimen perlakuan panas pada produk sabit. Faktor-faktor yang dianalisis adalah beban tempa, campuran karbon dan media pendingin. Beban yang digunakan dalam eksperimen ini adalah palu dengan berat beban 1,5 Kg, 3 Kg, dan 5 Kg untuk campuran karbon yang digunakan adalah arang bambu, batok kelapa dan kayu, sedangkan media pendingin yang digunakan adalah air, air garam, dan oli.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat penempaan palu berat 5 Kg, media pendingin air garam, dan interaksi campuran karbon batok kelapa dan media pendingin oli memiliki pengaruh signifikan terhadap kekerasan bahan. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kombinasi faktor dan level yang optimal adalah kombinasi baru dengan berat palu 5 Kg, campuran karbon arang batok kelapa, serta pendingin air yang menghasilkan kekerasan dengan rata-rata 249,63 HVN ± 25,810 HVN.
Kata kunci : perlakuan panas, penempaan, kekerasan, media pendingin, metode taguchi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: perlakuan panas, penempaan, kekerasan, media pendingin, metode taguchi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:18
Last Modified: 07 Mar 2023 02:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23656

Actions (login required)

View Item View Item