STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK GELATO DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (Studi pada UMKM CV. Yumeda Pangan Sejahtera)

NISA, AFIFA AULIA (2020) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK GELATO DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (Studi pada UMKM CV. Yumeda Pangan Sejahtera). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (916kB) | Preview
[thumbnail of 3. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 5.-File-Skripsi-Afifa-Aulia-Nisa-152160075.pdf] Text
5.-File-Skripsi-Afifa-Aulia-Nisa-152160075.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Afifa Aulia Nisa, Nomor Induk Mahasiswa 152160075, Program Studi
Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Strategi Bauran
Pemasaran Produk Gelato dengan Pendekatan Analisis SWOT (Studi pada
UMKM CV. Yumeda Pangan Sejahtera), 2020. Dosen Pembimbing Sauptika
Kancana dan Meilan Sugiarto.
Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan alternatif strategi bauran
pemasaran produk gelato yang tepat dilakukan CV Yumeda Pangan Sejahtera.
Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan ialah wawancara dan kuesioner. Subyek pada penelitian ini ialah
sebanyak 10 informan. Teknik analisis data dengan 3 tahapan, yaitu tahap input
dengan menggunakan matriks IFE dan EFE, tahap pencocokan dengan
menggunakan matriks Grand Strategy dan matriks SWOT, serta tahap keputusan
dengan menggunakan matriks QSPM.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada tahap input didapatkan
total nilai matriks IFE sebesar 2,59 yang menunjukkan bahwa kondisi internal
yang dimiliki CV. Yumeda Pangan Sejahtera relatif kuat dengan memanfaatkan
kekuatan yang mereka miliki untuk meminimalisir kelemahan yang ada dan total
nilai matriks EFE sebesar 2,62 yang menunjukkan bahwa kondisi eksternal yang
ada relatif kuat dengan memanfaatkan peluang untuk meminimalisir ancaman.
Hasil dari tahap pencocokkan pada matriks Grand Strategy menunjukkan bahwa
CV. Yumeda Pangan Sejahtera berada pada Kuadran I, sehingga disarankan untuk
melakukan pengembangan pasar dan produk. Pada matriks SWOT menunjukkan
bahwa strategi yang dominan adalah strategi produk dengan melakukan
pengembangan produk, strategi promosi dengan memperhatikan bauran promosi,
dan strategi distribusi dengan memperluas saluran distribusi. Hasil pada tahap
keputusan dengan matriks QSPM menunjukkan strategi yang mendapatkan nilai
tertinggi dan tepat dilakukan dengan kondisi bisnis CV. Yumeda Pangan
Sejahtera saat ini, yaitu strategi promosi dengan memperhatikan bauran promosi
yang digunakan dengan nilai TAS (Total Attractive Score) sebesar 6,55.
Saran dari penelitian ini ditujukan kepada CV. Yumeda Pangan Sejahtera
supaya melakukan alternatif strategi utama yang direkomendasikan, yaitu strategi
promosi dengan memperhatikan bauran promosi, seperti promosi penjualan,
periklanan, tenaga penjual, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung untuk
dapat meningkatkan omzet penjualan dan mampu bersaing dengan para pesaing.
Kata Kunci : Strategi Bauran Pemasaran, Matriks IFE, Matriks EFE,
Matriks Grand Strategy, Matriks SWOT, Matriks QSPM.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks Grand Strategy, Matriks SWOT, Matriks QSPM.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:20
Last Modified: 03 Mar 2023 07:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23615

Actions (login required)

View Item View Item