Cahyaningsih, Sofia Rizki (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Mahasiswa Pengguna GRAB Bike di Kecamatan Depok, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. COVER pdf.pdf Download (130kB) |
|
Preview |
Text
ABSTRAK pdf.pdf Download (155kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI pdf.pdf Download (302kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN pdf.pdf Download (348kB) | Preview |
Preview |
Text
daftar pustaka.pdf Download (101kB) | Preview |
Text
SOFIA-RIZKI-152140016-pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sofia Rizki Cahyaningsih, Nomor Mahasiswa 152140016, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan” (Studi pada Mahasiswa Pengguna GRAB Bike di Kecamatan Depok, Yogyakarta), 2019. Dosen Pembimbing I Sauptika Kancana, SS, M.Si, dan Pembimbing II Dr. Meilan Sugiarto, S.Sos, M.Si.
Penelitian ini dilakukan untuk menyajikan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan, serta dampaknya pada loyalitas pelanggan pada Mahasiswa Pengguna GRAB Bike di Kecamatan Depok, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Kecamatan Depok, Yogyakarta. Ukuran sampel penelitian ini 69 mahasiswa pengguna GRAB Bike. Teknik sampling yang digunakan adalah acidental sampling. Teknik Analisis data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial yang menggunakan metode statistik Partial Least Square (PLS-SEM).
Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t-hitung = 3,274 < t-tabel= 1,96. Ada pengaruh signifikan harga terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t-hitung= 3,761 < t-tabel= 1,96. Ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t-hitung = 13,907 < t-tabel= 1,96. Ada pengaruh signifikan harga terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t-hitung = 2,497 < t-tabel= 1,96. Ada pengaruh signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t-hitung = 2,127 < t-tabel= 1,96. Ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan dengan nilai t-hitung = 1,985 < t-tabel= 1,96. Ada pengaruh signifikan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan dengan nilai t-hitung = 3,244 < t-tabel= 1,96.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan harga berpengaruh negatif.
Perusahaan jasa transportasi online GRAB perlu mempertahankan pelayanan kepada pelanggan, harga yang terjangkau, dengan kemudahan dalam memesan GRAB Bike konsumen menjadi puas dan pelanggan tidak akan beralih ke transportasi lain selain GRAB.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 04:35 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 08:28 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23588 |
Actions (login required)
View Item |