PENGARUH ORGANIZATIONAL CULTURE DAN CAREER DEVELOPMENT TERHADAP JOB SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA PADA INTENTION TO LEAVE (Studi Pada Karyawan Tetap CV Selebriti Entertainment Center Palembang)

PRATAMA, MUHAMMAD ALFIN (2020) PENGARUH ORGANIZATIONAL CULTURE DAN CAREER DEVELOPMENT TERHADAP JOB SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA PADA INTENTION TO LEAVE (Studi Pada Karyawan Tetap CV Selebriti Entertainment Center Palembang). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of FULL-SKRIPSI.pdf] Text
FULL-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Alfin Pratama, Nomor Mahasiswa 152160007, Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Pengaruh Organizational Culture dan Career Development terhadap Job Satisfaction Serta dampaknya pada Intention to Leave” (Studi pada CV Selebriti Entertainment Center Palembang), 2020. Dosen Pembimbing I Hastho Joko Nur Utomo dan Dosen Pembimbing II Sadeli.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh organizational culture dan career development terhadap job satisfaction serta dampaknya pada intention to leave. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap CV Selebriti Entertainment Center di Palembang. Ukuran sampel dalam penelitian ini 91 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional unstratified random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial yang menggunakan metode statistik partial least square dengan bantuan aplikasi SEM-PLS 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa organizational culture berpengaruh signifikan terhadap job satisfaction, career development berpengaruh signifikan terhadap job satisfaction, organizational culture berpengaruh signifikan terhadap intention to leave, career development berpengaruh signifikan terhadap intention to leave, dan job satisfaction berpengaruh signifikan terhadap intention to leave, organizational culture berpengaruh tidak signifikan terhadap intention to leave melalui job satisfaction, dan career development berpengaruh tidak signifikan terhadap intention to leave melalui job satisfaction.
Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan perlu meninjau kembali budaya organisasi yang dipertahankan perusahaan untuk mempercayakan karyawan tetapnya untuk dapat meningkatkan jenjang karir yang baik. Perusahaan perlu melakukan program pengembangan karir yang dilakukan seperti melihat prestasi kerja sebagai pertimbangan pengembangan karir agar karyawan bisa naik pangkat dan merasa puas. Perusahaan perlu melakukan penyesuaian timbal balik atas apa yang telah dilakukan karyawan untuk perusahaan demi kepuasan kerja karyawan. Perusahaan diharapkan selalu menjaga pelayanan internal dengan baik terhadap karyawannya seperti, memberikan gaji yang sesuai terahadap apa yang mereka kerjakan, memberikan fasilitas yang baik untuk karyawan melakukan pekerjaannya, dan juga yang terpenting memberikan peluang-peluang karyawan untuk meningkatkan karirnya di perusahaan dengan masa depan yang baik sehingga karyawan tidak berkeinginan untuk keluar dari perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan model ini dengan menambahkan variabel atau indikator lainnya yang belum digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci: organizational culture, career development, job satisfaction, intention to leave

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: organizational culture, career development, job satisfaction, intention to leave
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:53
Last Modified: 01 Mar 2023 06:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23564

Actions (login required)

View Item View Item