PERANCANGAN MEJA KERJA PADA STASIUN PEMBUKAAN BATOK KELAPA UNTUK MENGURANGI KELUHAN OTOT RANGKA (Studi kasus di UMKM VCO kulonprogo)

Hanera, Muhammad Meisar (2020) PERANCANGAN MEJA KERJA PADA STASIUN PEMBUKAAN BATOK KELAPA UNTUK MENGURANGI KELUHAN OTOT RANGKA (Studi kasus di UMKM VCO kulonprogo). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

UMKM VCO milik Bapak sumarto adalah UMKM yang bergerak di bidang pembuatan minyak kelapa murni. Kondisi aktual pada UMKM saat ini adalah ada beberapa keluhan yang dirasakan pekerja walau tidak berat tapi perlu mendapat perhatian karena kondisi ini berlangsung dalam tempo waktu yang cukup lama. Pekerja pada elemen pembukaan batok kelapa memiliki masalah yaitu kaki kesemutan, pegal-pegal pada leher, dan tulang belakang karena terlalu lama duduk denga kaki ditekuk menggunakan kursi kecili. Sementara pekerja pada elemen pengambilan batok kelapa memiliki masalah pada pegal-pegal di lengan, pinggang, dan bahu. Oleh karena itu, perlu dilakukan identifikasi postur kerja yang tidak aman bagi tubuh yang dapat menimbulkan gejala Musculosketal Disorders (MSDs). Selain itu, penelitian ini juga merancang alat bantu kerja dan mengevaluasi kondisi kerja setelah dilakukan perbaikan dengan adanya penggunaan alat bantu kerja tersebut. Tahapan pertama penelitian ini adalah pengidentifikasian bagian-bagian tubuh yang mengalami keluhan digunakan kuesioner Nordic Body Maps. Data yang didapatkan adalah data keluhan musculoskeletal pada pekerja. Kemudian tahapan kedua penelitian ini adalah analisis REBA (Rapid Entire Body Assesessment). REBA digunakan untuk mengetahui level risiko dan tindakan terhadap postur kerja. Tahapan selanjutnya adalah melakukan pengolahan data antropometri untuk mendapatkan ukuran meja dan kursi yang sesuai ukuran tubuh pekerja. Meja dan kursi diusulkan di penelitian ini sebagai solusi untuk memperbaiki postur kerja. Oleh karena itu, tahapan terakhir penelitian ini adalah analisis REBA untuk menilai postur kerja pekerja ketika menggunakan meja dan kursi usulan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: postur kerja, nordic body maps, reba, anthropometri.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:15
Last Modified: 10 Aug 2020 06:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23394

Actions (login required)

View Item View Item