UPAYA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA DALAM MEMPEROLEH SOCIAL LISENCE TO OPERATE MELALUI KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Kasus dalam Program Pengembangan dan Peningkatan Ekonomi Masyaratkat)

Syafitri, Sika Harum Al-Humairo’ (2020) UPAYA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA DALAM MEMPEROLEH SOCIAL LISENCE TO OPERATE MELALUI KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Kasus dalam Program Pengembangan dan Peningkatan Ekonomi Masyaratkat). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-TABEL-GAMBAR.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

PT. Pamapersada Nusantara (PAMA) adalah perusahaan tambang yang dalam operasionalnya harus memiliki izin dari masyarakat sekitarnya atau disebut juga social license to operate. Untuk mendapatkan social license to operate, PAMA melakukan beberapa kegiatan CSR, diantaranya adalah Program Pengembangan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat guna memandirikan perputaran ekonomi di lingkungan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan upaya PAMA dalam memperoleh social license to operate melalui kegiatan CSR dalam Program Pengembangan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat, 2) mendeskripsikan dukungan dan hambatan yang diperoleh PAMA dengan adanya program tersebut, dan 3) mendeskripsikan dampak yang diperoleh PAMA dengan adanya program tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori Corporate Social Performance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya PAMA dalam memperoleh social license to operate ini berhasil, karena saat ini indikator social license to operate PAMA berada di level tertinggi, yaitu psychological identification, yang menunjukkan bahwa masyarakat sudah memberikan dukungan penuh terhadap operasional perusahaan dan secara bersama-sama mengelola proyek perusahaan. Selama menjalankan program ini PAMA mendapatkan dukungan dari masyarakat berupa keaktifan masyarakat dalam mengikuti program dan berupa izin operasional. Selain dukungan, tentu PAMA juga mendapatkan hambatan, yaitu hambatan terkait perbedaan budaya antara masyarakat dan PAMA, serta hambatan dari segi pendampingan saat menjalankan program. Dampak yang diperoleh PAMA dengan adanya Program Pengembangan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat ini dibagi menjadi 3 aspek, yaitu 1) aspek ekonomi, 2) aspek politik, dan 3) aspek sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: PAMA, pertambangan, CSR, Program Pengembangan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat, social license to operate
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Aug 2020 05:07
Last Modified: 10 Aug 2020 05:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23388

Actions (login required)

View Item View Item