ANALISIS PERBAIKAN PROSES CHANGE OVER PRODUK REPEAT STYLE UNTUK MEMINIMASI BUCKETLOSS DENGAN METODE SINGLE MINUTE EXCHANGE OF DIE (SMED) (Studi Kasus pada PT Busana Remaja Agracipta, Bantul)

Theresia, Rini (2020) ANALISIS PERBAIKAN PROSES CHANGE OVER PRODUK REPEAT STYLE UNTUK MEMINIMASI BUCKETLOSS DENGAN METODE SINGLE MINUTE EXCHANGE OF DIE (SMED) (Studi Kasus pada PT Busana Remaja Agracipta, Bantul). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover_Tugas Akhir_Rini Theresia_122150112.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_Tugas Akhir_Rini Theresia_122150112.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_Tugas Akhir_Rini Theresia_122150112.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan_Tugas Akhir_Rini Theresia_122150112.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Tugas Akhir_Rini Theresia_122150112.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT Busana Remaja Agracipta merupakan perusahaan garmen yang produknya berupa pakaian dalam wanita. PT BRA memiliki sistem Make to Order (MTO) dengan jumlah permintaan yang fluktuatif dan spesifikasi produk yang variatif. Selama ini sistem changeover yang dilakukan masih belum optimal. Proses setup dalam aktivitas changeover masih dilakukan secara eksternal. Hal ini dapat dilihat dari tingginya nilai bucketloss yang menandakan bahwa tidak tercapainya target perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Minute Exchange of Die (SMED). Kondisi aktifitas setup pada PT BRA dianalisa dan diberikan rekomendasi penyederhanaan. Hal tersebut dengan mempertimbangkan tujuan penelitian yaitu untuk memperbaiki proses changeover guna meminimasi bucketloss serta batasan yaitu produk repeat style. Rekomendasi yang diberikan adalah dengan menerapkan sistem changeover menggunakan line cadangan serta perbaikan tata letak stok mesin sewing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas produksi meningkat terhadap dua hari kerja terhadap dua hari kerja selama proses changeover sehingga efisiensi juga meningkat. Hal tesebut berdampak pada penurunan nilai bucketloss sebesar 0,39% dari nilai bucketloss semula. Selain itu, proses setup mesin dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan tata letak stok mesin yang lebih tertata sehingga memudahkan operator dalam melakukan pencarian dan penyimpanan mesin. Kata kunci: bucketloss, changeover, Make to Order, perusahaan garmen, setup, Single Minute Exchange of Die (SMED)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:07
Last Modified: 17 Mar 2020 07:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22628

Actions (login required)

View Item View Item