Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Suporter Bonek SKJ’27 (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Suporter Bonek SKJ’27 Dalam Sosialisasi Kegiatan Sosial Bonek Sobo Panti)

Pratama, Nugra Yoga (2020) Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Suporter Bonek SKJ’27 (Studi Deskriptif Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Suporter Bonek SKJ’27 Dalam Sosialisasi Kegiatan Sosial Bonek Sobo Panti). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak, Abstract.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Komunitas Bonek SKJ’27 ini adalah salah satu komunitas suporter Bonek yang mendukung tim Persebaya Surabaya. Komunitas suporter Bonek SKJ’27 aktif melakukan kegiatan sosial yang dinamakan Bonek Sobo Panti. Kegiatan Bonek Sobo Panti ini bertujuan untuk mendorong individu, suporter, dan masyarakat untuk saling memahami dan terus menjalin komunikasi yang baik untuk menjadi bagian dari era baru perdamaian antar suporter dan peduli dengan masyarakat sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pada penelitian ini strategi komunikasi persuasif dilakukan oleh anggota komunitas Bonek SKJ’27 sebagai persuader dengan target yaitu masyarakat dan suporter. Teori yang digunakan yaitu teori perencanaan pesan dan menggunakan metode strategi persuasif yang dikemukakan oleh Melvin L. De Fleur dan Sandra J. BallRoceach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas suporter Bonek SKJ’27 dalam mensosialisasikan kegiatan sosial Bonek Sobo Panti menggunakan metode strategi persuasi yang menekankan pada strategi psikodinamika dengan pendekatan komunikasi secara langsung. Ini dikarenakan pesan yang disampaikan tidak terdistorsi dan langsung diterima target sasaran yang dituju. Bonek SKJ’27 juga memanfaatkan media sosial internet untuk mempersuasi target yang lebih luas dan mengetahui feedback langsung dari target melalui kolom komentar yang ada di akun media sosial milik Bonek SKJ’27. Setelah sosialisasi kegiatan Bonek Sobo Panti dijalankan, Bonek SKJ’27 mendirikan panti asuhan secara mandiri untuk lebih serius lagi dalam mewujudkan tujuan dan membangun kredibilitas komunitas mereka agar semakin mudah dalam mempersuasi target.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:47
Last Modified: 17 Mar 2020 04:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22622

Actions (login required)

View Item View Item