ANALISIS RESEPSI AUDIENCE TERHADAP TAYANGAN VIDEO YOUTUBE REMOTIVI (Studi Pada Video Youtube Remotivi yang Berjudul “Politik Tapi Entertainment”)

SAMUDRA, MUHAMMAD AKBAR (2019) ANALISIS RESEPSI AUDIENCE TERHADAP TAYANGAN VIDEO YOUTUBE REMOTIVI (Studi Pada Video Youtube Remotivi yang Berjudul “Politik Tapi Entertainment”). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Halaman pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-Full.pdf] Text
Skripsi-Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Youtube belakangan ini menjadi platform media sosial yang digandrungi oleh khalayak luas. Data dari APJII mengatakan, Youtube memiliki 14,5 juta pengguna baik produsen maupun konsumen media. Praktik media arus utama belakangan ini yang dirasa mulai tidak sesuai dengan kaidah dasar media maupun jurnalistik membuat sebagian orang atau kelompok terpaksa memanfaatkan sarana Youtube untuk membentuk sebuah media alternatif yang kinerjanya dibuat secara mandiri baik konten maupun idealismenya. Remotivi misalnya, media alternatif yang sudah berdiri sejak 2010 ini memilih platform Youtube sebagai sarana literasi media bagi khalayak sekaligus menjadi lembaga pengawas siaran media arus utama yang belakangan ini meresahkan sebagian khalayak luas. Secara kinerja, Remotivi memang berfokus melakukan kritik terhadap tayangan media arus utama mulai dari ranah hiburan hingga tayangan informasi politik sekalipun. Terkait pada penelitian kali ini, tayangan politik menjadi objek untuk diteliti dan melihat tentang sejauh mana pesan dalam video “Politik Tapi Entertainment” kali ini ini dimaknai oleh khalayak. Dalam penelitian kali ini juga digunakan teori Stuart Hall terkait decoding/encoding untuk melihat bagaimana makna pesan dominan dalam video tersebut dimaknai oleh khalayak luas. Lebih spesifik lagi, penelitian ini juga mengkaji tentang bagaimana dan sejauh mana khalayak memahami sebuah kajian literasi media terutama melihat kinerja Remotivi sendiri. Dari 6 khalayak yang berhasil diteliti melalui kegiatan wawancara didapati bahwasanya 6 orang narasumber jika dikaitkan dengan konsep teori Stuart Hall berada di posisi The Hegemonic Dominant, yaitu posisi dimana mereka setuju dengan pesan yang ada dalam video “Politik Tapi Entertainment”. Posisi ini juga tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor latar belakang pendidikan, preferensi jenis tontonan, pekerjaan, hingga pilihan politik.
Kata kunci: analisis resepsi, youtube, remotivi, media alternatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:12
Last Modified: 24 Feb 2023 07:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22529

Actions (login required)

View Item View Item