SETYAWAN, ANINDYO GAGAS (2020) ANALISIS SEMIOTIKA NILAI SOSIAL DALAM IKLAN NIKE “JUST DO IT” VERSI WALT STACK DAN COLIN KAEPERNICK. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (906kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (225kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (54kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
Sebagai produk olahraga, Nike selalu membuat iklan yang tidak hanya
mempromosikan produknya saja tetapi menyebarkan pesan-pesan di balik
iklannya. Dengan campaignnya yang bernama “Just Do It” diharapkan Nike bisa
menyebarkan nilai-nilai dari isu-isu yang berkembang di masyarakat saat ini
untuk dijadikan pembelajaran bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui simbol-simbol atau tanda-tanda yang ada dalam iklan Nike “Just Do
It” ini dan mengetahui gambaran secara keseluruhan tentang makna pesan sosial
yang disampaikan pada kedua iklan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis dan interpretasi data,
maka dapat digambarkan bahwa iklan Nike “Just Do It” versi Walt Stack dan
Colin Kaepernick menggambarkan nilai-nilai sosial yang terdapat di iklan tersebut
seperti nilai vital tentang mendapatkan ilmu dimana saja untuk terus belajar
meraih mimpi. Kemudian, nilai estetika yang muncul adalah tentang bagaimana
sebuah perjuangan yang harus ditempuh untuk mendapatkan sebuah hasil yang
positif. Nilai moral yang diajarkan di iklan versi Walt Stack adalah bagaimana
menghadapi orang yang berprasangka buruk dan tetap menjaga kebugaran di usia
senja. Kemudian, nilai moral dari iklan versi Colin Kaepernick adalah tentang
mempertahankan prinsip dan kepercayaan dengan konsekuensi pengorbanan yang
besar, dan dedikasi yang diberikan. Kedua iklan ini mengajarkan bahwa untuk
meraih sesuatu hasil yang baik dan untuk dapat meraih mimpi, mempertahankan
prinsip yang sudah dipegang akan selalu mendapat halangan. Penelitian ini
hendaknya menjadi sebuah referensi bagi masyarakat umum untuk mengetahui
nilai-nilai sosial yang terdapat dalam iklan Nike “Just Do It” versi Colin
Kaepernick dan Walt Stack.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Nurul Alifah Rahmawati |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 07:29 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 07:29 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22181 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |