Hadi, Faisal Isnan (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG DIMEDIASI KEPUASAN KONSUMEN PO. ROSALIA INDAH DI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (41kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (29kB) | Preview |
Preview |
Text
HAL PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Text
SKRIPSI-FUL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP
MINAT BELI ULANG DIMEDIASI KEPUASAN KONSUMEN
PO. ROSALIA INDAH DI SURAKARTA
Oleh :
Faisal Isnan Hadi
141130197
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan
Nasional “Veteran” Yogyakarta
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang
Dimediasi Kepuasan Konsumen PO. Rosalia Indah di Surakarta. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli
ulang tiket bus secara langsung maupun melalui mediasi kepuasan konsumen pada
PO. Rosalia Indah di Surakarta. PO. Rosalia Indah adalah biro perjalanan umum
yang didirikan pada tahun 1983 oleh Bapak Yustinus Soeroso dan Ibu Yustina
Rahyuni Soeroso yang beralamat di Jl. Raya Solo – Sragen KM. 7,5 Jaten,
Karanganyar, Jawa Tengah. Perusahaan yang berorientasi pada palayanan AKDP
(Antar Kota Dalam Provinsi) menjadi AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang
jangkauannya lebih luas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Nonprobability
Sampling, dengan metode Purposive Sampling. Metode analisis yang
dipergunakan adalah metode analisis deskriptif dan kuantitatif, metode analisis
statistik yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis linier berganda pengujian
signifikan simultan dan pengujian signifikan parsial serta pengujian koefisen
determinasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) diketahui bahwa
kualitas pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang
(Y) tiket bus PO. Rosalia Indah di Surakarta, dimana nilai thitung > ttabel yaitu 8,549 >
0,1966 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan (X1) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli ulang (Y) dimediasi kepuasan konsumen
(Z), dimana nilai thitung > ttabel yaitu 5,001 > 0.1966 dengan signifikansi 0,000 < 0,05.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan sobel test pengaruh langsung kualitas
pelayanan (X1) terhadap minat beli ulang (Y) sebesar 0,496 > 0,15369 pengaruh
kualitas pelayanan (X1) terhadap minat beli ulang (Y) dimediasi kepuasan konsumen
(Z) yang berarti bahwa kualitas pelayanan (X1) memiliki fungsi mediasi secara tidak
penuh. Melalui pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square
sebesar 0,654 yang berarti 65,5% minat beli ulang (Y) dapat dijelaskan oleh kualitas
pelayanan (X1) dan melalui mediasi kepuasan konsumen (Z), sedangkan sisanya
34,5% dapat dijlesakan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.
Kata kunci : Kualitas pelayanan ( tangibles, reliability, responsiveness, assurance
empathy), kualitas pelayanan, minat beli ulang ( minat transaksional, minat
referensional, minat preferensial, minat eksploratif ).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 04:02 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 03:43 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22134 |
Actions (login required)
View Item |