STRATEGI KREATIF ART MERCHANT “SORESORE” DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE

Cholifah, Nur (2020) STRATEGI KREATIF ART MERCHANT “SORESORE” DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-full.pdf] Text
Skripsi-full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan industri kreatif mendorong seluruh sektor termasuk bidang art
merchandising Soresore. Art merchant yang mengaplikasikan karya ilustrasi ke produkproduk
fungsional ini memiliki followers yang cukup besar angkanya yakni berjumlah
21.600, angka tersebut terbilang besar dibandingkan dengan art merchant lain khususnya
di Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang digunakan
oleh art merchant Soresore dalam membangun brand image. Metode penelitian ini yaitu
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori Strategi
Kreatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi kreatif efektif
untuk membangun brand image art merchant Soresore. Strategi kreatif yang telah
dilaksanakan oleh Soresore melalui tahapan proses kreatif James Webb Young yaitu Innersion,
digestion, incubation, illumination dan verification. Strategi kreatif yang digunakan oleh
Soresore berupa uniqe selling propotition yang dimiliki oleh Soresore dengan karakterkarakter
yang membawa pesan terhadap adanya isu-isu yang sedang beredar. Bentuk dari
implementasi strategi kreatif Soresore diantaranya adalah kolaborasi dengan mengangkat
isu-isu yang sedang terjadi, disampaikan melalui media Instagram untuk
mengkomunikasikan strategi kreatif Soresore maupun brand image yang ingin
disampaikan Soresore yaitu simple, cheerful, dan innocent, dan faktor-faktor pendukung
strategi kreatif dalam membangun brand image Soresore melalui workshop dan display
booth saat bazar.
Kata kunci : Strategi kreatif, art merchant, brand image

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:10
Last Modified: 09 Jan 2023 06:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21940

Actions (login required)

View Item View Item