USULAN PERBAIKAN KINERJA PADA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM (Studi Kasus di UD. Dewi Sri, Sukoharjo)

Wijaya, Neni Sintia (2019) USULAN PERBAIKAN KINERJA PADA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM (Studi Kasus di UD. Dewi Sri, Sukoharjo). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UD Dewi Sri merupakan perusahaan bergerak yang dibidang penggilingan padi. Perusahaan belum pernah mengukur kinerja perusahaan dari aspek keuangan, kepuasan pelanggan, kesetiaan pelanggan dan optimalnya kinerja keryawan dalam penjualan produk. Terbukti dari hasil absensi yang menunjukan 50% karyawan yang datang terlambat, keluhan konsumen tentang keterlambatan pengiriman beras dan kemudahan dalam pembayaran non tunai yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini yaitu mengukur dan mengevaluasi pencapaian kinerja yang telah dilaksanakan UD Dewi Sri untuk memberikan usulan perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode Performance Prism yang merupakan konsep untuk mengukur kinerja berdasarkan lima aspek prisma kerja yaitu kepuasan stakeholder, kontribusi stakeholder, strategi, proses, dan kemampuan. Metode Performance Prism menjadikan keinginan para stakeholder sebagai acuan dalam pembentukan Key Performance Indicator (KPI), sehingga pengukuran kinerja yang dilakukan dapat lebih efektif, efisien dan lebih kompleks Total pencapaian kinerja pada periode Juli 2015 – Juli 2016 sebesar1,152, pada periode Juli 2016 – Juli 2017 sebesar 2,084 dan periode Juli 2017 – Juli 2018 sebesar 7,513 menunjukan bahwa adanya peningkatan kinerja dari 3 periode terakhir namun masih belum menunjukan pencapaian target yang maksimal. Pengukuran kinerja memuat 16 KPI dan hasil perhitungan menunjukan KPI 9 dan KPI 11 berada jauh dari target pencapaian, jadi perlu adanya perbaikan. Perbaikan pada KPI 9 dengan menerapkan Standar Operasional Prosedur menunjukan peningkatan pada periode 13 Mei 2019 – 18 Mei 2019 sebesar 0,264 meningkat pada periode 22 Juli 2019 – 27 Juli 2019 sebesar 0,66. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perusahaan untuk perbaikan periode selanjutnya. Kata Kunci:Performance Prism, Pengukuran kinerja, Key Perfromance Indicator

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:13
Last Modified: 10 Oct 2019 02:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21575

Actions (login required)

View Item View Item