PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK NATA DE COCO MENGGUNAKAN MODEL SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR) (Studi Kasus di CV Agrindo Suprafood Yogyakarta)

Normandy, Caliph Raka (2019) PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK NATA DE COCO MENGGUNAKAN MODEL SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR) (Studi Kasus di CV Agrindo Suprafood Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CV Agrindo Suprafood (AS) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pangan khususnya produk setengah jadi yaitu intermediate nata de coco. Terdapat beberapa masalah yang terjadi pada kegiatan supply chain AS diantaranya adalah masalah keterlambatan bahan baku dan jumlah bahan baku yang tidak sesuai dengan yang dipesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur parameter seluruh performa kinerja rantai pasok dan menentukan matrik perbaikan. Pengukuran dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu identifikasi matrik SCOR, verifikasi Key Performance Indicator (KPI) dengan menyebarkan kuesioner indikator, perhitungan nilai normalisasi (skor), pembobotan KPI menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan menyebarkan kuesioner AHP. Parameter seluruh kinerja rantai pasok pada CV Agrindo Suprafood sebesar 74,61 untuk skala 0 sampai dengan 100. Nilai ini menunjukkan bahwa kinerja supply chain pada CV Agrindo Suprafood dapat dikategorikan baik karena nilai kinerja yang didapat berada diatas nilai minimal yaitu 60.Matrik yang harus dilakukan perbaikan antara lain, internal meeting dengan nilai 25, defect rate dengan nilai 50,04, source flexibilty dengan nilai 25, failure in process dengan nilai 35,80. Sehingga perlu dilakukan perbaikan pada indikator-indikator matrik tersebut. Kata kunci : pengukuran kinerja, rantai pasok, SCOR, KPI, AHP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Oct 2019 01:23
Last Modified: 03 Oct 2019 01:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21469

Actions (login required)

View Item View Item