PERENCANAAN PESAN KOMUNIKASI KESEHATAN PADA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Akun Instagram @Korbantukanggigi Mengenai Edukasi Praktik Ilegal Tukang Gigi)

Nova, Febri Santa (2019) PERENCANAAN PESAN KOMUNIKASI KESEHATAN PADA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Akun Instagram @Korbantukanggigi Mengenai Edukasi Praktik Ilegal Tukang Gigi). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Komunikasi kesehatan merupakan komunikasi antar manusia yang memiliki fokus pada bagaimana seorang individu menghadapi isu yang berhubungan dengan kesehatan serta berupaya untuk memelihara kesehatannya. Minimnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu alasan banyaknya klinik hingga tukang gigi illegal di Indonesia saat ini. Munculnya akun instagram @korbantukanggigi adalah salah satu cara untuk menyadarkan dan mengedukasi masyarakat mengenai bahaya dan akibat dari praktik illegal tukang gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pesan pada akun instagram @korbantukanggigi mengenai edukasi praktik ilegal tukang gigi. Penelitian ini menggunakan teori perencanaan oleh Charles Berger dan teori media baru. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, mengumpulkan data lewat hasil wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa dalam merencanakan pesan dalam akun @korbantukanggigi terdapat lima tahap yaitu tahap laporan, tahap forum, penyusunan pesan, tujuan serta keberhasilan penyampaian pesan. Dalam implementasi penyusunan pesan peneliti menemukan bahwa teknik humorious appeal serta one-side issue merupakan penyusunan pesan yang banyak digunakan oleh akun @korbantukanggigi dalam memberikan edukasi. Kortugi telah menciptakan peluang pengetahuan baru mengenai dunia kedokteran gigi, tempat berbagi pandangan mengenai praktik ilegal tukang gigi serta edukasi yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut yang banyak diabaikan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Edukasi Kesehatan Gigi, Perencanaan, Instagram, korbantukanggigi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:20
Last Modified: 24 Sep 2019 04:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21219

Actions (login required)

View Item View Item