ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA BUDAYA JAWA DALAM FILM GURU BANGSA TJOKROAMINOTO

ALMERA, AYESHA ALMA (2019) ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA BUDAYA JAWA DALAM FILM GURU BANGSA TJOKROAMINOTO. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
001_Cover Skripsi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
002_Lembar Pengesahan.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
003_Daftar Isi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
004_Abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Film merupakan seni yang termasuk kepada salah satu media komunikasi yang hingga kini semakin berkembang dan diyakini sebagai suatu cara penyampaian informasi yang baik serta efektif. Seperti film “Guru Bangsa: Tjokroaminoto”, yang merupakan sebuah film tentang kisah hidup seorang pahlawan Guru Bangsa Indonesia bernama Hos Tjokroaminoto. Secara garis besar, film ini menceritakan tentang kehidupan Hos Tjokroaminoto dan menjadi Guru Bangsa Indonesia pada jamannya. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui makna pesan serta nilai-nilai budaya Jawa yang terkandung dalam film Guru Bangsa Tjokroaminoto. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika dengan menggunakan 4 uji formula yang diantaranya, siapa komunikator, motivasi komunikator, kontek fisik dan sosial serta intertekstual. Berdasarkan hasil analisis yang peneliti lakukan, makna pesan budaya Jawa yang disampaikan Garin Nugroho digambarkan melalui berbagai tanda yang didukung dengan aspek kehidupan budaya Jawa. Pada film ini, sosok Tjokroaminoto yang sangat berhati mulia digambarkan dengan baik oleh Garin dalam berbagai adegan. Seperti halnya dalam aspek sistem kemasyarakatan, Tjokroaminoto yang sangat menghormati antar manusia tanpa memandang kedudukan tergambarkan dengan sebuah adegan saat Tjokro membantu para buruh dan ikut serta tolong menolong. Kemudian, pesan yang ingin disampaikan oleh Garin melalui filmnya ialah bahwasannya budaya Jawa sudah diturunkan oleh para leluhur secara turun temurun, yang hingga saat ini masih dianut oleh masyarakat Jawa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Film, Budaya Jawa, Hos Tjokroaminoto, Nilai-nilai budaya Jawa, Makna budaya Jawa, Analisis semiotika
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 23 Sep 2019 04:49
Last Modified: 23 Sep 2019 04:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21177

Actions (login required)

View Item View Item