KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF (Studi di Kawasan Desa Wisata Batik Lendah, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Adiyatmi, Chrismalinda Arbella (2019) KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF (Studi di Kawasan Desa Wisata Batik Lendah, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of Untitled-5.pdf]
Preview
Text
Untitled-5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kawasan Desa Wisata Batik Lendah merupakan sentra industri kerajinan batik Kulon
Progo yang terbagi menjadi tiga desa yaitu Desa Wisata Sidorejo, Desa Wisata
Ngentakrejo dan Desa Wisata Gulurejo. Untuk mengembangkan potensi wisata
khususnya batik perlu adanya komunikasi pemasaran pariwisata di Kawasan Desa
Wisata Batik Lendah yang berbasis ekonomi kreatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui komunikasi pemasaran pariwisata yang dilakukan oleh pengelola
maupun pengrajin di Kawasan Desa Wisata Batik Lendah dalam rangka
pengembangan pariwisata berbasis ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan
model GPA (goals, plans, actions) dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara indepth interview, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi
sumber. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa
pengrajin-pengrajin batik di Kawasan Desa Wisata Batik Lendah sudah menggunakan
media online dan media offline dalam memasarkan produk batik. Selain itu,
komunikasi pemasaran pariwisata juga dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten
Kulon Progo melalui program-program pariwisata untuk mengembangkan Kawasan
Desa Wisata Batik Lendah.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Pariwisata, Model GPA (goals, plans, actions),
Ekonomi Kreatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:00
Last Modified: 26 Jul 2023 07:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21117

Actions (login required)

View Item View Item