STRATEGI MEDIA RELATIONS HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA DALAM MENCIPTAKAN CITRA POSITIF

Hajriana, Thufeila (2019) STRATEGI MEDIA RELATIONS HOTEL GRAND TJOKRO YOGYAKARTA DALAM MENCIPTAKAN CITRA POSITIF. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tingkat pertumbuhan hotel di Yogyakarta, menimbulkan persaingan di bidang perhotelan. Hal ini membuat Hotel Grand Tjokro Yogyakarta merancang strategi media relations berusaha untuk menciptakan opini yang baik dan kepercayaan publiknya. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana strategi public relations yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi media relations yang digunakan oleh public relations Hotel Grand Tjokro Yogyakarta dalam mempertahankan citra serta persepsi yang terbentuk dari strategi media relations tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi partisipatif sebagai sumber data primer penelitian ini. Adapun informan yang diwawancarai adalah public relations Hotel Grand Tjokro Yogyakarta dan tiga wartawan media dan tiga pengunjung hotel. Selain itu peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber untuk menguji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Strategi media relations yang dilakukan Hotel Grand Tjokro Yogyakarta dalam mempertahankan citra sudah cukup baik. Strategi media relations yang dijalankan adalah berdasarkan tujuan hotel yang mengedepankan keunikan kearifan lokal budaya, mengutamakan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan serta dapat mendengar, memahami dan memberikan pelayanan terbaik di setiap lini bisnisnya. Strategi media relations hotel juga sesuai dengan strategi media relations Yosal Iriantara yang menjadi acuan dalam penelitian ini. Persepsi yang terbentuk dari strategi media relations terbesut berhasil menciptakan citra positif bagi Hotel Grand Tjokro Yogyakarta. Kata Kunci : Strategi, Public Relations, Media Relations, Citra

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 18 Sep 2019 07:24
Last Modified: 18 Sep 2019 07:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21096

Actions (login required)

View Item View Item