ANALISIS RESEPSI KONTEN EVENTS DEAF ART COMMUNITY PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @dacjogja

Aryandaru, Ganis (2019) ANALISIS RESEPSI KONTEN EVENTS DEAF ART COMMUNITY PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @dacjogja. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pada tahun 2013, media sosial Instagram @dacjoga di bentuk untuk mengabadikan setiap kegiatan yang dilakukakan oleh Deaf Art Community Yogyakarta (DAC Jogja). Komunitas berkesenian tunarungu yang ada di Yogyakarta yang menampung penyandang tunarungu untuk bisa aktif dan mengasah kemampuannya di dalam hal seni. Banyak sekali aktivitas yang dilakukan seperti Pantomim, break dance, menggambar, teater, dan aktivitas seni lainnya. Penyandang disabilitas di Indonesia dewasa ini memerlukan akses yang baik di dalam berkehidupan di dalam masyarakat, kaum disabilitas terutama kaum tunarungu membutuhkan akses akan informasi yang baik untuk bisa mengetahui keadaan sekitar dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resepsi followers akun instagram @dacjogja terhadap konten events, dan faktor-faktor yang memperngaruhi terjadinya variasi respon pada followers. Metode penelitian ini menggunakan analisis resepsi dengan teknik pengumpulan data wawancara medalam. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Data primer terdiri dari 15 informan, yang terdiri dari 14 followers dan 1 bukan followers. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dengan membaca, mempelajari, dan memahami melalui litelatur, buku dan melalui situs-situs internet serta artikel. Teori yang digunakan yaitu New Media. Makna muncul dari proses interaksi dalam bermedia yang membentuk masyarakat jaringan yang dilakukan oleh kaum tunarungu dan kaum dengar yang mempunyai pandangan berbeda pada setiap objek. Objek tidak memiliki makna yang berdiri sendiri, melainkan hasil dari pertukaran pandangan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai analisis resepsi akun instagram @dacjogja, pengikut akun instaram tersebut menunjukan adanya respon yang baik terhadap konten-konten events yang di posting akun @dacjogja. Resepsi yang disampaikan @dacjogja membentuk tiga posisi analisis resepsi, yaitu pemaknaan dominan, pemaknaan negosiasi, dan pemaknaan oposisi. Pemaknaan yang paling mendominasi adalah pemaknaan dominan. Terdapat pula faktor-faktor yang mempengaruhi resepsi konten events yaitu faktor internal yaitu faktor dari diri sendiri/ pengalaman sebelumnya dan faktor eksternal yaitu asal, pekerjaan, tempat tinggal, lingkungan sosial Kata Kunci : Media sosial, Instagram, Analisis Resepsi, New Media, Konten Events.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:54
Last Modified: 11 Sep 2019 01:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21006

Actions (login required)

View Item View Item