Nurhayati, Yulia (2019) DINAMIKA FEAR OF MISSING OUT DALAM PENGGUNAAN INSTAGRAM PADA GENERASI MILENIAL MAHASISWA DI YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Instagram menempati posisi keempat sebagai media sosial yang sering digunakan oleh generasi milenial. Namun, penggunaan media tersebut dapat membuat penggunanya menjadi kecanduan. Hal itu lalu memunculkan sebuah fenomena yang disebut Fear of Missing Out atau FoMO, yaitu kekhawatiran akan takut ketinggalan terhadap informasi, hal-hal menarik, ataupun aktivitas tertentu dan ditandai dengan keinginan untuk terus terhubung dengan media sosial. Tujuan dari penelitian ini ialah memaparkan dinamika fear of missing out dalam penggunaan Instagram yang dialami oleh generasi milenial mahasiswa di Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) Faktor pengaruh, yaitu pada kondisi tertentu seperti waktu luang yang dimiliki, suasana hati seperti bosan dan kesal, kesepian, ingin tetap eksis di dunia maya, ingin memenuhi kebutuhan informasi, jumlah akun yang dimiliki, reflek membuka dan intensitas penggunaan Instagram. 2) Sebagian besar informan FoMO terhadap kabar teman. Selain itu, terhadap hal yang menyangkut hobi, idola, tren atau hal yang viral, informasi berita dan informasi unik. 3) FoMO memiliki dampak positif dan negatif diberbagai bidang. Pada bidang ekonomi yaitu boros dan menguntungkan perusahaan. Bidang pendidikan, yaitu menambah wawasan, namun disisi lain menganggu aktivitas belajar. Pada kondisi fisik yaitu membuat lesu. Serta pada bidang psikologi yaitu dapat membuat bahagia, lega dan puas, namun disisi lain dapat membuat suasana hati buruk. Semua informan mengakui sulit lepas dari Instagram. Sehingga hal itu mendorong mereka terus menggunakan media tersebut dan cenderung mengalami FoMO kembali. Kata-kata Kunci : fear of missing out, Instagram, generasi milenial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 07:23 |
Last Modified: | 31 Jul 2019 07:23 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20604 |
Actions (login required)
View Item |