ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) DONAT KENTANG “MINIS” DI JOGJA DONUTS DE HALAL MART KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

AULYA, ELVIRA NATHASYA (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) DONAT KENTANG “MINIS” DI JOGJA DONUTS DE HALAL MART KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Elvira Nathasya Aulya_135150025_Cover_Budiarto.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Elvira Nathasya Aulya_135150025_Lembar Pengesahan_Budiarto.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Elvira Nathasya Aulya_135150025_Abstrak_Budiarto.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Elvira Nathasya Aulya_135150025_Daftar Isi_Budiarto.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Jogja Donuts merupakan agroindustri pangan yaitu bakery dengan produk unggulan Donat Kentang “Minis”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui karakteristik konsumen (2) Menganalisis kesediaan membayar 3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar. Metode penelitian ini deskriptif. Metode pelaksanaan penelitian ini menggunakan pendekatan survei. Metode pengambilan responden diakukan dengan menggunakan accidental (convenience sampling). Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan kuesioner. Macam data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data (1) Analisis karakteristik konsumen menggunakan teknik analisis deskriptif (2) Analisis kesediaan membayar konsumen (willingness to pay) menggunakan teknik Contingent Valuation Method (CVM) (3) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi WTP menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Karakteristik konsumen mayoritas dewasa lanjut (25 – 35 tahun) (38%), perempuan (82%), pendidikan terakhir SMA (44%), karyawan swasta (48%), berpenghasilan Rp 1.000.000 – Rp 2.500.000 per bulan (56%), melakukan pembelian pertama sejak 1 tahun yang lalu (30%), mayoritas frekuensi pembeliannya 1 kali dalam seminggu (84%) dan varian donat kentang “Minis” yang banyak dibeli konsumen yaitu horeo (oreo) (9%), dengan alasan pembelian yaitu karena lebih banyak varian rasa (42%) (2) WTP Donat Kentang “Minis” Rp 3.000,00 per buah (3) Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengestimasi WTP adalah pendidikan terakhir dan pendapatan. Kata Kunci : Karakteristik konsumen, willingness to pay, pendidikan terakhir, pendapatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 19 Jul 2019 08:00
Last Modified: 19 Jul 2019 08:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20521

Actions (login required)

View Item View Item