PENGARUH PENGALAMAN MEREK DAN NILAI YANG DIRASAKAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Bakso Klenger Ratu Sari Yogyakarta Jalan Perumnas, Mundu Saren, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta).

AL GHAZALI, FARRELL (2019) PENGARUH PENGALAMAN MEREK DAN NILAI YANG DIRASAKAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Bakso Klenger Ratu Sari Yogyakarta Jalan Perumnas, Mundu Saren, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Halaman Judul.pdf]
Preview
Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 2. Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (621kB) | Preview
[thumbnail of 3. Abstraksi.pdf]
Preview
Text
3. Abstraksi.pdf

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 4. Daftar isi.pdf]
Preview
Text
4. Daftar isi.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI
Farrell Al Ghazali, Nomor Mahasiswa 152150106, Program Studi
Aministrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan
Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul penelitian “Pengaruh Pengalaman Merek
dan Nilai yang Dirasakan terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap
Loyalitas Pelanggan” (Studi pada Pelanggan Bakso Klenger Ratu Sari Yogyakarta
Jalan Perumnas, Mundu Saren, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta), 2019.
Dosen Pembimbing Sigit Haryono dan Adi Soeprapto.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Pengalaman Merek
dan Nilai yang Dirasakan terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya terhadap
Loyalitas Pelanggan. Ukuran sampel pada penelitian ini 96 responden. Teknik
sampling yang digunakan adalah Probability Sampling dengan Systematic Random
Sampling untuk populasi tak terbatas. Teknik analisis data menggunakan Analisis
Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial yang menggunakan metode
statistik Structural Equation Modelling menggunakan SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pengalaman Merek (X1)
berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Z) dengan t-hitung sebesar
3.567 > t-tabel sebesar 1.65, Nilai yang Dirasakan (X2) berpengaruh signifikan
terhadap Kepuasan Pelanggan (Z) dengan t-hitung sebesar 4.487 > t-tabel sebesar
1.65, Pengalaman Merek (X1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan (Y) dengan t-hitung sebesar 2.016 > t-tabel sebesar 1.65, Nilai yang
Dirasakan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan
t-hitung sebesar 2.081 > t-tabel sebesar 1.65, dan Kepuasan Pelanggan (Z)
berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan t-hitung sebesar
5.415 > t-tabel sebesar 1.65.
Berdasarkan hasil penelitian, saran untuk pihak Bakso Klenger Ratu Sari
Yogyakarta adalah memperhatikan Pengalaman Merek guna meningkatkan
Kepuasan Pelanggan yang mendorong pelanggan menjadi loyal. Cara yang dapat
dilakukan Bakso Klenger Ratu Sari Yogyakarta adalah dengan meletakkan gambar
atau berbagai aksesoris yang berhubungan dengan bakso dimulai dari parkiran dan
pintu masuk warung Bakso Klenger Ratu Sari Yogyakarta agar dapat menggugah
rasa lapar pelanggan saat berada di Bakso Klenger Ratu Sari Yogyakarta. Bakso
Klenger Ratu Sari Yogyakarta juga harus memperhatikan Nilai yang Dirasakan
guna meningkatkan Kepuasan Pelanggan yang mendorong pelanggan menjadi
loyal. Cara yang dapat dilakukan Bakso Klenger Ratu Sari adalah dengan cara lebih
meningkatkan lagi keunggulan serta kelebihan Bakso Klenger Ratu Sari
Yogyakarta seperti kualitas produk, kualitas pelayanan, dan suasana yang
ditawarkan lebih baik dibandingkan warung bakso lainnya. Hal tersebut yang
membuat pelanggan yang datang ke warung Bakso Klenger Ratu Sari Yogyakarta
mendapatkan kesan yang baik bagi orang lain dibandingkan dengan datang ke
warung bakso lainnya.
Kata Kunci: Pengalaman Merek, Nilai yang Dirasakan, Kepuasan Pelanggan, dan
Loyalitas Pelanggan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Jul 2019 08:17
Last Modified: 10 Jul 2019 08:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20264

Actions (login required)

View Item View Item