ANALISIS STRATEGI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT (Studi pada Budidaya Tambak Udang Vannamie di Desa Pasir, Kabupaten Kebumen)

Khotimah, Diana Nurul (2019) ANALISIS STRATEGI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT (Studi pada Budidaya Tambak Udang Vannamie di Desa Pasir, Kabupaten Kebumen). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

Diana Nurul Khotimah, Nomor Mahasiswa 152140130. Program Sudi
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembagunan Nasional “Veteran “Yogyakarta. Judul Penelitian “Analisis Strategi
Bisnis Dengan Menggunakan Metode SWOT” (Studi pada Budidaya Tambak
Udang Vannamie di Desa Pasir Kabupaten Kebumen) 2019.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara memetakan strategi
bisnis dengan metode SWOT dan strategi bisnis apa yang tepat pada Budidaya
Tambak Udang Vannamie di Kebumen.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif. Ruang lingkup penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktor-faktor
internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi penjualan produk Udang
Vannamie sehingga dapat merumuskan strategi bisnis yang terbaik bagi
perusahaan. Data primer yang diperoleh langsung dari informan dengan
menggunakan kuesioner yang sudah diuji terlebih dahulu dan hasil observasi,
sedangkan data sekunder diperoleh dari pihak lain. Teknik atau metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuesioner,
observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis SWOT secara
kuantitatif.
Berdasarkan hasil skor (nilai tertimbang) pada faktor internal dan faktor
eksternal, maka koordinat posisi budidaya tambak udang vannamie di Desa Pasir
Kabupaten Kebumen adalah terletak pada titik 4,56 (faktor internal) dan pada titik
4,44 (faktor eksternal). Dari hasil analisis SWOT tersebut dapat ditarik
kesimpulan bahwa tambak udang vannamie di Desa Pasir Kabupaten Kebumen
mempunyai kekuatan yang tinggi dari faktor internalnya dan mempunyai peluang
yang tinggi dari faktor eksternalnya, sehingga strategi yang tepat untuk
pemasarannya adalah strategi S-O (strength – opportunity) dimana mendukung
strategi agresif dengan meraih peluang yang ada dan memanfaatkan kekuatan
yang dimilikinya.
Saran penelitian ini adalah tambak udang vannamie di Desa Pasir
Kabupaten Kebumen hendaknya menambah modal dengan menjajaki
kemungkinan untuk mendapatkan fasilitas kredit dari perbankan untuk
mengembangkan usahanya; mengganti sumber daya manusia yang lebih
menguasai dalam bidang pembukuan; memantau cadangan supplier, kualitas
produk, selera konsumen dengan pesaing; dan melakukan efektifitas promosi baik
melalui iklan maupun media sosial. Dengan demikian maka konsumen akan lebih
mengenal produk udang vannamie di Desa Pasir Kabupaten Kebumen.
Kata kunci: Strategi Bisnis, SWOT, Tambak Udang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:42
Last Modified: 04 Aug 2023 04:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20080

Actions (login required)

View Item View Item