EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA SEBAGAI COMMUNITY BASED TOURISM (Studi Kualitatif pada Desa Wisata Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul)

Kusumaningrum, Anisa Dewi (2019) EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA SEBAGAI COMMUNITY BASED TOURISM (Studi Kualitatif pada Desa Wisata Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of FULL-SKRIPSI-ANISA.pdf] Text
FULL-SKRIPSI-ANISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Desa Wisata Krebet terletak di Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul dan merupakan desa wisata yang mempunyai ikon wisata unggulan kerajinan batik kayu. Untuk menjadi community based tourism yang berkelanjutan maka dibutuhkan evaluasi dari strategi komunikasi pemasaran Desa Wisata Krebet. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana evaluasi strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dan Pengelola Desa Wisata Krebet. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui evaluasi strategi komunikasi pemasaran serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dengan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam hal ini, Desa Wisata Krebet telah menerapkan kedelapan bauran komunikasi pemasaran Kotler. Kegiatan promosi meliputi iklan, promosi penjualan, event, pameran, travel dialog,dan table top namun penggunaan media baru seperti website dan media sosial yang belum belum efektif karena tidak tersedianya tenaga ahli yang secara khusus menangani website menjadi salah faktor penghambatnya.
Kata kunci : Evaluasi CIPP, Komunikasi Pemasaran Pariwisata, Community Based Tourism

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Jun 2019 07:45
Last Modified: 02 Aug 2022 07:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20011

Actions (login required)

View Item View Item