ANALISIS PERANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN MUTU MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (Studi Kasus di Usaha Ditha Ditho Catering, Klaten)

Nugroho, Dani Adi (2019) ANALISIS PERANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN MUTU MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (Studi Kasus di Usaha Ditha Ditho Catering, Klaten). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TA_Dani Adi Nugroho_Cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Dani Adi Nugroho_Lembar Pengesahan.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Dani Adi Nugroho_Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Dani Adi Nugroho_Daftar Isi.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ditha Ditho Catering merupakan perusahan yang bergerak di sektor jasa pelayanan makanan. Perusahaan ini melayani pesanan terhadap acara pernikahan, tasyakuran akikah, nasi box, dan snack box. Pelayanan paket pernikahan diperlukan peningkatan kualitas pelayanan guna mengurangi keluhan-keluhan yang dirasakan oleh konsumen. Konsumen akan meminta uang ganti rugi terhadap pelayanan yang dianggap tidak memuaskan. Penurunan pendapatan akan terjadi dalam mengatasi keluhan-keluhan konsumen. Oleh karena itu, perlu dilakukan perancangan perbaikan proses pelayanan untuk mengurangi keluhan-keluhan yang terjadi. Keinginan konsumen diperlukan dalam melakukan perencanaan perbaikan kualitas pelayanan. Perbaikan proses pelayanan diharapkan mampu mengurangi keluhan-keluhan selama proses jasa berlangsung. Permasalahan tersebut diselesaikan dengan menggunakan pendekatan Quality Function Deployment. Beberapa tools QFD yang digunakan adalah Servqual, Kano, dan 5W+1H. Servqual digunakan untuk mengetahui kinerja pelayanan yang diberikan. Kano digunakan untuk mengklasifikasi faktor-faktor kepentigan keinginan konsumen. 5W+1H digunakan untuk merencanakan tindakan langkah-langkah perbaikan. Perbaikan kualitas proses pelayanan ini diharapkan mampu meningkatkan nilai kepuasan pelayanan. Oleh karena itu, tujuan yang ingin dicapai untuk mengurangi keluhan-keluhan yang terjadi selama proses pelayanan guna meningkatkan kepuasan konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlu dilakukan penerapan untuk mendapatkan hasil dengan memperbaiki Standard Operational Prochedure (SOP) dan menerapkannya kembali secara langsung, sehingga pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan standar yang telah ditentukan perusahaan. Penerapan SOP pekerja ini diterapkan bersamaan dengan penerapan tindakan dalam mengurangi keluhan yang terjadi selama proses pelayanan. Kesadaran pekerja sesuai dengan SOP memerlukan penekanan lebih, dengan selalu mengingatkan disaat briefing dan evaluasi. Hal ini akan membuat pekerjaan dilakukan dengan cara yang tepat dan berurutan. Kata kunci: Keluhan, Serqvual, Kano, QFD, 5W+1H, SOP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 27 May 2019 03:42
Last Modified: 27 May 2019 03:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19707

Actions (login required)

View Item View Item