EVALUASI KELAYAKAN PERUSAHAAN SEPATU DENGAN PENAMBAHAN PRODUK DESIGN BARU BERDASARKAN ANALISIS ASPEK PASAR, TEKNIS DAN FINANSIAL (Studi Kasus di PT Bucini Footwear And Craft Leather)

Dinartika, Cut Helvi Syahendra (2019) EVALUASI KELAYAKAN PERUSAHAAN SEPATU DENGAN PENAMBAHAN PRODUK DESIGN BARU BERDASARKAN ANALISIS ASPEK PASAR, TEKNIS DAN FINANSIAL (Studi Kasus di PT Bucini Footwear And Craft Leather). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkembangan perusahaan mempunyai peranan penting dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. PT Bucini Footwear And Craft Leather adalah salah satu perusahaan yang sedang berkembang dan ingin meningkatkan usahanya di dalam persaingan dengan perusahaan lainnya. PT Bucini Footwear And Craft Leather akan melakukan penambahan produk design baru sepatu jenis sport dengan tujuan sebagai terobosan dalam usaha menaikkan keuntungan maksimal dari segi material dan non material. Namun perlu adanya evaluasi kelayakan perusahaan dalam penambahan produk design baru untuk jangka waktu kedepan. Evaluasi kelayakan pada PT Bucini untuk mengetahui tingkat kelayakan jangka waktu 5 tahun kedepan (tahun 2019-tahun 2023). Penelitian ini dilakukan agar tidak terjadi kerugian atau kegagalan yang mungkin terjadi pada PT Bucini dan dapat segera diketahui,sehingga dapat diantisipasi serta dapat meningkatkan profit dan mengestimasi keuntungan bagi perusahaan. Evaluasi kelayakan PT Bucini Footwear And Craft Leather dilakukan pada aspek pasar, teknis, dan finansial untuk periode 5 tahun kedepan dan melakukan analisis sensitifitas. Analisis sensitivitas yaitu merubah parameter berupa penurunan pendapatan dan kenaikan biaya operasional. Dari evaluasi kelayakan yang diperoleh bahwa investasi pengembangan perusahaan di lakukan dengan teknis penambahan produk re-produksi dan sepatu sport dengan jumlah masing-masing 41 family dari 302 model seri warna dan 14 family dari 75 model seri warna layak dilihat pada aspek pasar, teknis dan finansial. Pada aspek pasar mencangkup peluang pasar, segmentasi pasar dan harga pokok produksi sepatu. Aspek teknis dengan penyusunan skema produksi, aliran proses operasi dan peramalan sepatu. Pada aspek finansial dengan kriteria penilaian investasi diperoleh untuk nilai NPV tahun 2019 sebesar Rp2.773.162.762 dan payback period sebesar 1 tahun, internal rate of return sebesar 69% dan indeks profitasbilitas sebesar 2,8, sehingga layak untuk dilaksanakan pada periode 5 tahun kedepan. Analisis sensitivitas terhadap penurunan pendapatan sebesar 5% dan 10% tidak sensitif, dan kenaikan biaya operasional sebesar 5% dan 10% tidak sensitif. Kata kunci: Perkembangan perusahaan, produk design baru, evaluasi kelayakan usaha, aspek pasar, aspek teknis, aspek finansial, analisis sensitivitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 May 2019 04:17
Last Modified: 23 May 2019 04:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19663

Actions (login required)

View Item View Item