PERSEPSI AUDIENS TENTANG ISI IKLAN WEB SERIES (Studi Deskriptif Pada Iklan AXElerate: The Untold Story di YouTube)

Murpratiwi, Agista Ismawanti (2019) PERSEPSI AUDIENS TENTANG ISI IKLAN WEB SERIES (Studi Deskriptif Pada Iklan AXElerate: The Untold Story di YouTube). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Iklan dewasa ini telah banyak mempengaruhi kalangan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dalam bentuk iklan yang beragam. Iklan web series yang menjadi salah satu tren atau konsep baru dari YouTube yang saat ini mulai banyak digemari oleh masyarakat. Salah satunya iklan web series AXE versi AXElerate: The Untold Story dengan viewers sebanyak 15 juta penonton sehingga berhasil masuk dalam 10 besar YouTube Ads Leaderboard 2016. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi audiens tentang isi iklan web series AXElerate: The Untold Story di YouTube. Penelitian ini menggunakan teori perbedaan individu, konsep persepsi dan konsep new media. Jenis metode penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan melakukan pendekatan observasi dan wawancara mendalam dengan informan mahasiswa di Yogyakarta dengan jurusan berbeda-beda serta menggunakan triangulasi sumber data untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa audiens memberikan persepsi mengenai iklan web series AXElerate: The Untold Story kedalam dua unsur yaitu sisi konten dan tampilan visual sehingga menciptakan kesadaran produk (brand awarness) di benak para audiens. Audiens memberikan persepsi positif akan terpaan iklan karena terpaan yang secara langsung lebih mengena dan mempengaruhi dengan audiens. Respon positif tersebut terutama pada packaging iklan web series AXE ini dengan konten yang mengandung ideide baru yang segar dan tetap mengena di hati penonton, ditambah dengan pemilihan tema cerita yang kreatif dan inspiratif mengenai permasalahan sosial dalam kehidupan hari-hari sehingga membuat auidens untuk selalu menonton. Sedangakan tampilan visual iklan ini dikemas seperti film pendek berjumlah 10 episode dengan sinematografi yang bagus dan kreatif. AXE memberikan pengaruh dalam benak audiens sehingga menimbulkan brand awarness terhadap produk AXE. Hal ini membuat audiens melakukan tindakan pembelian dan menciptakan loyalitas terhadap produk AXE. Kata kunci: Persepsi, Iklan Web Series, AXElerate: The Untold Story

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 May 2019 02:34
Last Modified: 23 May 2019 03:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19582

Actions (login required)

View Item View Item