EFEKTIVITAS IKLAN FILM “DILAN 1990” PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi pada Mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta Angkatan 2015)

Probowati, Dyah Ayu (2019) EFEKTIVITAS IKLAN FILM “DILAN 1990” PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi pada Mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta Angkatan 2015). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan film “Dilan 1990” pada media sosial instagram. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability dengan pendekatan purposive sampling. Populasi sebanyak 444 mahasiswa dan ukuran sampel yang digunakan adalah 82 responden. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Angkatan 2015 yang terdiri dari jurusan Hubungan Internasional, Administrasi Bisnis, dan Komunikasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dan diukur dengan metode pengukuran CRI (Customer Response Index).
Hasil dari penelitian menggunakan konsep AIDA menunjukkan bahwa pada variabel Attention dapat diketahui jika iklan film “Dilan 1990” pada media sosial instagram ‘Efektif’ menarik perhatian penonton dari segi visualisasi gambar dan pengetahuan responden terhadap iklan dan pesan iklan. Pada variabel Interest menunjukkan hasil bahwa iklan film “Dilan 1990” pada media sosial instagram ‘Efektif’ dalam membangun dan menumbuhkan rasa ketertarikan dan persepsi yang baik oleh responden terhadap iklan. Pada variabel Desire menunjukkan bahwa iklan film “Dilan 1990” pada media sosial instagram ‘Sangat Efektif’ untuk menimbulkan keinginan responden untuk menonton film “Dilan 1990” dengan memberikan kejelasan spesifikasi film yang jelas. Pada variabel Action, hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan film “Dilan 1990” pada media sosial instagram ‘Sangat Efektif’ untuk mempengaruhi responden menonton film “Dilan 1990”. Hasil dari penelitian menggunakan metode pengukuran CRI (Customer Response Index) menunjukkan bahwa iklan film “Dilan 1990” sangat efektif dalam mempengaruhi responden melakukan tindakan untuk menonton film tersebut.
Saran yang diharapkan untuk perusahaan agar meningkatkan frekuensi iklan film di media sosial instagram agar lebih sering dan lebih banyak viewers yang melihat, cuplikan iklan film dibuat jelas dan semenarik mungkin untuk meningkatkan ketertarikan viewers dan meyakinkan viewers untuk melakukan tindakan menonton film tersebut.
Kata Kunci: Efektivitas Iklan, Attention, Interest, Desire, Action, CRI

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Iklan, Attention, Interest, Desire, Action, CRI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 08 Apr 2019 03:24
Last Modified: 31 Jan 2024 04:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19165

Actions (login required)

View Item View Item