PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BLOG MAKE UP TUTORIAL TASYA FARASYA PADA YOUTUBE TERHADAP PERILAKU IMITASI BERTATA RIAS MAHASISWI ILMU KOMUNIKASI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA”

Widyasari, Vania Rahma (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BLOG MAKE UP TUTORIAL TASYA FARASYA PADA YOUTUBE TERHADAP PERILAKU IMITASI BERTATA RIAS MAHASISWI ILMU KOMUNIKASI UPN “VETERAN” YOGYAKARTA”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover pdf.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
surat pengesahan.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak pdf.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi pdf.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Video blog make up tutorial pada YouTube menjadi salah satu referensi yang paling diminati oleh kaum perempuan saat ini. Hal tersebut berkaitan dengan fenomena tren make up yang semakin meningkat. Kemunculan para beauty vloggers seperti salah satunya ialah Tasya Farasya, juga memberikan pengaruh dalam hal bertata rias kepada audience-nya. Sehingga, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan antara penggunaan media video blog make up tutorial Tasya Farasya pada YouTube dengan perilaku imitasi bertata rias mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan tahun 2015-2017. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratifications dan social learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan wawancara. Sampel penelitian ini sebanyak 75 responden mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan uji statistik yang telah dilakukan dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS 21.00, menunjukkan bahwa penggunaan media video blog make up tutorial Tasya Farasya memiliki pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap perilaku imitasi bertata rias mahasiswi. Hal tersebut diperoleh dari nilai R² sebesar 0,657 atau 65,7%. Kemudian diperoleh nilai 0,810 dari hasil perhitungan korelasi product moment yang berarti masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. Selain itu juga diperoleh angka signifikansi sebesar 0.00, dimana angka 0,000<0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima. Artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video blog make up tutorial Tasya Farasya pada YouTube terhadap perilaku imitasi bertata rias mahasiswi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta. Kata Kunci: Video Blog, Make Up Tutorial Tasya Farasya, Media YouTube, Perilaku Imitasi, Tata Rias

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 02 Apr 2019 04:04
Last Modified: 02 Apr 2019 04:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19053

Actions (login required)

View Item View Item