PENGARUH DORONGAN ORGANISASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN STRUKTURAL UNIVERSITAS ORIENTAL TIMOR LORO SA’E (UNITAL).

SOARES, CASIMIRO (2019) PENGARUH DORONGAN ORGANISASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN STRUKTURAL UNIVERSITAS ORIENTAL TIMOR LORO SA’E (UNITAL). Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Timor Leste adalah Negara yang masih muda sehingga masih membutuhkan sumber daya manusia yang bermutu untuk melaksanakan pembangunan pada masa-masa yang akan datang. Komitmen organisasional menjadi suatu hal yang sangat penting bagi organisasi di negara ini, karena ketika sebuah organsiasi sangat sulit mencari karyawan yang memiliki kualifikasi yang sangat baik dalam melakukan pekerjaannya, komitmen organisasional adalah salah satu cara dalam menentukan karyawan yang memiliki kualifikasi, loyalitas dan kinerja yang baik. Pada penelitian kali ini, dilakukan studi tentang pengaruh dorongan organisasional terhadap komitmen organisasional dengan kepuasan kerja sebagai mediasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan organisasional terhadap komitmen organisasional pada karyawan struktural Universitas Oriental Timor Loro Sa’e dan mengetahui pengaruh dukungan orgnisasional terhadap komitmen organisasional yang di mediasi oleh kepuasan kerja pada karyawan struktural Universitas Oriental Timor Loro Sa’e Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan struktural yang mengambil kebijakan-kebijakan terpenting didalam Universitas Oriental Timor Loro Sa’e (UNITAL) yang berjumlah 47 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh atau penelitian sensus, sehingga seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Hipotesis yang diajukan, diuji secara statistik dengan menggunakan teknik Structural Equation Modelling dengan program SMARTPLS 3.2.7 untuk menguji hubungan ketiga variabel. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) dorongan organisasional berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional pada karyawan struktural Universitas Oriental Timor Loro Sa’e dan 2) terdapat pengaruh dukungan orgnisasional terhadap komitmen organisasional yang di mediasi oleh kepuasan kerja secara signifikan pada karyawan struktural Universitas Oriental Timor Loro Sa’e. Kata Kunci :dorongan organisasional, kepuasan kerja, komitmen organisasional

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:57
Last Modified: 28 Mar 2019 02:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18913

Actions (login required)

View Item View Item