STUDI KELAYAKAN INVESTASI PENAMBAHAN MESIN UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS PRODUKSI (Studi Kasus: CV Pan Jaya Karoseri Cirebon)

Sulaeman, Fuji (2019) STUDI KELAYAKAN INVESTASI PENAMBAHAN MESIN UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS PRODUKSI (Studi Kasus: CV Pan Jaya Karoseri Cirebon). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

CV Pan Jaya adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan karoseri. Karoseri merupakan rumah-rumah yang dibuat diatas chasis kendaraan maupun truk yang digunakan untuk pengangutan barang. Dari tahun ketahun permintaan akan produk karoseri selalu mengalami peningkatan yang mengakibatkan penumpukan permintaan. Untuk menanggulangi masalah tersebut, CV Pan Jaya berencana akan melakukan penambahan grup produksinya. Namun usaha tersebut perlu dilakukan sebuah studi kelayakan investasi mengenai penambahan grup produksi untuk mengetahui tingkat kelayakan dalam jangka waktu 5 periode (2018-2022). Penelitian ini dilakukan agar perusahaan tidak mengalami kegagalan yang mungkin terjadi atas rencana investasi tersebut. Studi kelayakan investasi ini akan dilakukan dengan penambahan grup produksi yang didasaran pada aspek pasar, aspek teknis, aspek finansial, aspek manajemen dan aspek lingkungan serta analisis sensitivitas untuk mengetahui sejauh mana perusahaan dapat bertahan jika terjadi kenaikan biaya produksi, penurunan harga produk dan penurunan jumlah permintaan. Hasil studi kelayakan yang diperoleh bahwa investasi pengembangan usaha karoseri dengan menambahan grup produksi dikatakan layak. Kriteria kelayakan investasi yang dilihat dari NPV didapat nilai sebesar Rp4.014.005.310 dengan tingkat pengembalian (payback period) selama 2 tahun 6 bulan, internal rate of return sebesar 55% dan break even point rata-rata tercapai pada tingkat penjualan sebesar Rp18,1 miliar (pada tahun operasional pertama), atau sebesar 53,82% dari nilai penjualan. Pada analisis sensitivitas, investasi ini sensitif terhadap kenaikan biaya produksi sebesar 10%, penurunan jumlah permintaan sebesar 15% maupun 10%, tetapi tidak sensitif terhadap penurunan jumlah permintaan. Kata kunci: studi kelayakan investasi, analisis sensitivitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Mar 2019 01:34
Last Modified: 19 Mar 2019 01:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18763

Actions (login required)

View Item View Item