PENGARUH PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (SR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

PERTIWI, MEILANI INTAN (2019) PENGARUH PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (SR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Image
4. Lembar Pengesahan.jpg

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Sustainability Report (SR) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Sustainability report diproyeksikan dengan Sustainability Reporting Disclosure Index (SRDI), profitabilitas di proyeksikan dengan Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE), dan nilai perusahaan diproyeksikan dengan Tobin’s Q.Penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanan ilmu pengetahuan di bidang manajemen keuangan mengenai laporan pertanggungjawaban perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Penelitian ini dilakukan terhadap 93 annual report emiten yang listing pada Bursa Efek Indonesia (BEI) serta menerbitkan sustainability report selama tiga tahun berturut-turut. Periode yang digunakan yaitu tahun 2015-2017. Pengujian hipotesis menggunakan Moderate Regression Analysis (MRA) atau uji interaksi moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak adanya hubungan antara sustainability report terhadap nilai perusahaan yang diakibatkan oleh ketidak konsistenan perusahaan dalam pengungkapan sustainability report serta rendahnya rata-rata pengungkapan sustainability report yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini mengakibatkan investor kurang mempertimbangkan keberadaan sustainability report yang diharapkan mampu memberikan transparansi kinerja ekonomi, lingkungan dan sosial. Profitabilitas yang diproyeksikan menggunakan ROA dan ROE mampu memperkuat hubungan SR dengan nilai perusahaan. Kata Kunci: Sustainability Reporting (SR), Nilai Perusahaan, Profitabilitas, ROA, ROE.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:30
Last Modified: 08 Mar 2019 04:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18606

Actions (login required)

View Item View Item