PERSEPSI REMAJA TENTANG INTRUSIVE ADVERTISING PADA PROVIDER TELKOMSEL DAN XL AXIATA (Analisis Deskriptif Kualitatif Persepsi Remaja Pengguna provider Telkomsel dan XL Axiata Pada Intrusive Advertising)

Ramadika, Yoga Dwi (2018) PERSEPSI REMAJA TENTANG INTRUSIVE ADVERTISING PADA PROVIDER TELKOMSEL DAN XL AXIATA (Analisis Deskriptif Kualitatif Persepsi Remaja Pengguna provider Telkomsel dan XL Axiata Pada Intrusive Advertising). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1 COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 2 PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (621kB) | Preview
[thumbnail of 4 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 5 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Periklanan merupakan salah satu bentuk promosi yang banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya. Salah satu contoh ialah beriklan pada media internet yaitu intrusive advertising. Dua perusahaan jasa layanan internet di Indonesia, Telkomsel dan XL Axiata telah menjalankan praktik iklan serobot (intrusive advertising) yang melanggar Etika Pariwara Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan pengambilan keputusan konsumen terkait intrusive advertising pada provider Telkomsel dan XL Axiata di kalangan remaja Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara mendalam kepada pengguna provider Telkomsel dan XL Axiata, dan dokumentasi contoh intrusive advertising. Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi pengguna provider dapat berupa persepsi positif dan negatif terhadap intrusive advertising. Persepsi pengguna provider terbagi menjadi tiga kategori: Kategori yang pertama adalah pengguna provider yang tidak peduli dengan adanya intrusive advertising. Kedua adalah pengguna provider yang merasa terganggu dengan adanya intrusive advertising dan tetap menggunakan provider tersebut. Ketiga, pengguna provider yang merasa sangat terganggu dengan adanya intrusive advertising dan mengganti provider nya dengan yang lain. Persepsi tersebut dapat memengaruhi pengambilan keputusan untuk menggunakan provider tersebut.
Kata Kunci : Persepsi, Intrusive Advertising, Provider Telkomsel, Provider XL Axiata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Feb 2019 03:21
Last Modified: 20 Jul 2023 06:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18381

Actions (login required)

View Item View Item