SEMIOTIKA FOTO JURNALISTIK PEMAKNAAN INTERAKSI SOSIAL BENCANA ALAM (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Kumpulan Foto Jurnalistik Karya Ulet Ifansasti Dalam Media Getty Images)

RIFANDA, PRIYA GILANG (2019) SEMIOTIKA FOTO JURNALISTIK PEMAKNAAN INTERAKSI SOSIAL BENCANA ALAM (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Kumpulan Foto Jurnalistik Karya Ulet Ifansasti Dalam Media Getty Images). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fenomena bencana alam sangat sering terjadi di Indonesia dengan mengkhususkan dari tahun 2013-2018. Pada saat itu ada beberapa bencana yang terjadi di beberapa provinsi yaitu Sumatra Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat. Bencana yang terjadi diantaranya Gempa bumi, banjir dan erosi. Melalui kumpulan dari beberapa foto dalam media Getty Images yang disuguhkan oleh Ulet Ifansasti yang menggambarkan kejadian-kejadian menguras emosi dan empati dengan tujuan untuk mengetahui pemaknaan interaksi sosial melalui kajian semiotika Roland Barthes, dengan menggunakan metode kualitatif. Untuk lebih menguatkan proses dalam pemaknaan, penulis juga menggunakan 2 dari 9 formula pengembangan keabsahan data dari Ulet Ifansasti yaitu siapa komunikator dan motivasi komunikator. Penulis mencoba menguraikan makna dalam foto-foto dari karya fotografer media Getty Images Ulet Ifansasti melalui 3 tingkatan yaitu denotatif, konotasi dan mitos. Hal ini dilakukan dengan menggunakan teori semiotika dengan dasar memaknai objek penelitian dari beberapa tanda. Akhirnya peneliti mampu menemukan hasil dari pemaknaan interaksi sosial yang terkait dengan kondisi bencana alam yang tersirat dalam 5 foto tersebut. Pemaknaan interaksi sosial yang sudah dimaknai diantaranya sugesti, empati, motivasi, identifikasi dan motivasi. Kata Kunci : Bencana Alam, Semiotika, Fotografi, Interaksi Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:36
Last Modified: 07 Feb 2019 07:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18345

Actions (login required)

View Item View Item