ANALISIS KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MEMBANGUN KEPRIBADIAN ISLAM. (Studi Deskriptif Kualitatif pada Komunitas #Yukngaji Regional Yogyakarta)

Al Rasyid, Tsis Sakti (2018) ANALISIS KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MEMBANGUN KEPRIBADIAN ISLAM. (Studi Deskriptif Kualitatif pada Komunitas #Yukngaji Regional Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia banyak sekali terdapat komunitas-komunitas. Seperti komunitas seni, komunitas film, komunitas club bola, komunitas keagamaan dan komunitas-komunitaas lainnya. Komunitas memiliki peran dalam membentuk perilaku dan kepribadian para anggotanya. #YukNgaji merupakan salah satu komunitas hijrah di Indonesia yang telah tersebar di beberapa daerah di Indonesia. #YukNgaji regional Yogyakarta merupakan salah satu bagian komunitas #YukNgaji yang memiliki anggota paling banyak dan termasuk salah satu komunitas #YukNgaji yang aktif dalam menyelenggarakan berbagai macam kegiatan. Sehingga menjadikan komunitas #YukNgaji regional Yogyakarta sebagai contoh atau role model bagi komunitas #YukNgaji regional kota lainnya. Peneliti ingin melihat bagaimana komunikasi kelompok pada komunitas #YukNgaji regional Yogyakarta dalam membangun kepribadian Islam para anggotanya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peran komunikasi kelompok di komunitas #YukNgaji regional Yogyakarta dalam teori Input – Process – Output dalam membangun kepribadian Islam para anggotanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian, komunitas #YukNgaji regional Yogyakarta selalu membawa nilai-nilai Islam dalam setiap kegiatannya, sehingga para anggota memiliki pemikiran dan perilaku yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Bedasarkan teori Input – Process – Output komunitas #YukNgaji regional Yogyakarta, membawa nilai – nilai islam dalam setiap kegiatannya (Input). Bagian Process-nya terjadi ketika para anggota mengikuti setiap kegiatan-kegiatan tersebut. Dan Output-nya adalah bertambahnya pengetahuan para anggota tentang Islam, dan pemikiran dan tindakan anggota selalu berlandaskan nilai-nilai Islam. Kata kunci: Komunitas #YukNgaji, Kepribadian Islam, Nilai-nilai Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:30
Last Modified: 16 Jan 2019 07:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17990

Actions (login required)

View Item View Item