“ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN NASABAH PENGGUNA KARTU E-MONEY BRI BRIZZI” (Study pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Cikditiro Yogyakarta)

Gultom, Muhammad Rezky (2018) “ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN NASABAH PENGGUNA KARTU E-MONEY BRI BRIZZI” (Study pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Cikditiro Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi
Tingkat Kepuasan Nasabah Pengguna Kartu E-Money BRI Brizzi pada Nasabah Bank
Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Cikditiro Yogyakarta. Jenis penelitian exploratory
atau exlplorasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan
metode Simple random sampling dengan ukuran sampel 98 nasabah melalui penyebaran di
Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Cikditiro Yogyakarta.
Hasil dari analisis faktor menunjukkan bahwa dari 15 faktor yang dipecah menjadi 44
item dan terekstraksi menjadi 6 faktor baru, dan diberi nama baru (1) Faktor Responsiviness
terdapat pada item keluhan nasabah pengguna Kartu E-Money Bri Brizzi direspon baik oleh
Karyawan dengan nilai loading faktor tertinggi sebesar 0.970. (2) Faktor bukti langsung
dengan loading faktor tertinggi sebesar 0.635 terdapat pada item Peralatan Kartu E-Money
Bri Brizzi sudah Canggih dan Modern. (3) Faktor harga dengan nilai muatan loading factor
tertinggi sebesar 0.873 terdapat pada item Harga yang kenakan produk E- money Brizzi
sesuai dengan kualitas yang didapatkan. (4) Faktor kualitas produk dengan nilai loading
factor tertinggi sebesar 0.811 terdapat pada item Kartu E-Money Bri Brizzi memiliki
kehandalan sebagai pembayaran. (5) Faktor pribadi dengan nilai loading factor tertinggi
sebesar 0.834 terdapat pada item Saya menggunakan Emoney Birzzi Karena kemauan
pribadi. (6) Faktor loading factor tertinggi sebesar 0.888 terdapat pada item Karyawan Bank
Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Cikditiro Yogyakarta memiliki Kecermatan dalam
melayani.
Saran yang dapat diberikan yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang
Cikditiro Yogyakarta harus memperhatikan beberapa hal seperti kecermatan karyawan dalam
melayani nabasah, selalu terbuka dalam memberikan Informasi dan selalu menerima saran
dan keluhan dari Nasabah pengguna Kartu E-Money Bri Brizzi. Cara yang dapat dilakukan
adalah dengan mengevaluasi kinerja dari karyawan karena berdasarkan hasil analisis statistik
deskriptif nabasah menyatakan ragu – ragu terhadap ketiga pernyataan tersebut. Untuk
penelitian berikutnya, sebaiknya mencari lagi faktor-faktor yang memengaruhi tingkat
kepuasan nasabah dengan variabel yang lebih banyak, populasi yang lebih luas dan ukuran
sampel yang lebih besar lagi sehingga dapat memperbarui konsep-konsep yang sudah lama.
Kata kunci: Analisis Faktor, Tingkat Kepuasan Nasabah , Bank Rakyat Indonesia
(BRI) Kantor Cabang Cikditiro Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Jan 2019 03:26
Last Modified: 10 Jan 2019 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17752

Actions (login required)

View Item View Item