PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN TACIT KNOWLEDGE TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN SEBAGAI MEDIASI DI IKM BAROKAH KNALPOT PURBALINGGA

KURNIAWATI, NOVITA (2018) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN TACIT KNOWLEDGE TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN SEBAGAI MEDIASI DI IKM BAROKAH KNALPOT PURBALINGGA. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Cover Tesis.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Pengesahan.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan tacit knowledge terhadap kinerja karyawan IKM Barokah Knalpot Purbalingga yang dimediasi oleh kepuasan kerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 126 karyawan bagian produksi dengan menggunakan teknik sensus. Data diperoleh dengan menyebarkan angket berupa kuesioner dan dianalisis menggunakan Structure Equation Model (SEM) berbasis PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kinerja karyawan, (2) tacit knowledge berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kinerja karyawan, (3) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai mediasi, (4) tacit knowledge berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai mediasi. Implementasi dari hasil temuan pada peneltitian ini adalah perusahaan harus lebih memperhatikan dan memperbaiki keadaan lingkungan kerja karyawan seperti keamanan kerja. Selain itu, perusahaan juga harus mampu memanfaatkan pengetahuan tacit baik secara teknis, kognitif, dan pengalaman yang dimiliki karyawan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Kata kunci: lingkungan kerja, tacit knowledge, kepuasan kerja, kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:17
Last Modified: 20 Dec 2018 04:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17617

Actions (login required)

View Item View Item