STRATEGI PROMOSI PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS COMMUNITY BASED TOURISM (Analisis Promosi Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta)

Sari E. S., Nanda (2018) STRATEGI PROMOSI PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS COMMUNITY BASED TOURISM (Analisis Promosi Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
hal pengesahan.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
hal pernyataan.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
hal persetujuan.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
judul aja.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkasan.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Kawasan ekowisata gunung api purba Nglanggeran Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta merupakan kawasan yang berasal dari kegiatan konservasi alam dan lingkungan yang dalam pengembangannya berdasarkan prinsip ekowisata dan community based tourism. Keberhasilan dalam pengelolaan kawasan ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran ini tidak terlepas dari campur tangan masyarakat setempat sebagai perintis, pengelola, dan pemelihara kawasan yang terorganisasi ke dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nglanggeran. Dengan adanya kawasan ekowisata ini membantu meningkatkan perekonomian warga dan mengurangi jumlah pengangguran di desa Nglanggeran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi pengembangan pariwisata berbasis community based tourism melalui kegiatan promosi yang dilakukan oleh Pokdarwis Nglanggeran dalam mengembangkan potensi desa yang dimiliki. Berbagai penghargaan internasional seperti ASEAN CBT Award, Indonesia Sustainable Tourism Award, dan ASEAN Sustainable Award pernah diraih oleh kawasan ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumenter dengan menggunakan quideliness model. Hasil dari penelitian ini adalah Pokdarwis Nglanggeran sebagai pengelola melakukan strategi promosi pariwisata melalui branding, advertising, dan selling. Kekuatan word of mouth yang diciptakan juga berperan dalam kegiatan promosi dan publikasi kawasan ini. Branding kawasan ekowisata ini dilakukan pihak pengelola melalui sebuah film dan lagu, advertising dilakukan melalui berbagai media seperti media cetak dan media elektronik, dan untuk selling dengan mengadakan event, direct mail, telephone selling, pemberian voucher dan souvenir, table top, travel dialog, dan kerja sama dengan travel agent. Kata kunci : Strategi Promosi Pariwisata, Pariwisata Berbasis Masyarakat, Ekowisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Dec 2018 08:20
Last Modified: 10 Dec 2018 08:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17489

Actions (login required)

View Item View Item