KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling Dalam Menangani Kedisiplinan Siswa SMK Negeri 1 ROTA Bayat)

DEWI, PUTRI KUMALA (2018) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling Dalam Menangani Kedisiplinan Siswa SMK Negeri 1 ROTA Bayat). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN Pengesahan.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK fix.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan merupakan salah satu aspek penting dalam mengembangkan kepribadian siswa di sekolah, dalam konteks ini Guru Bimbingan Konseling (BK) memegang peranan penting dalam membentuk kedisiplinan itu sendiri khususnya di SMK N 1 Rota Bayat. Penelitian ini membahas bagaimana komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh Guru BK kepada siswa yang sering melanggar kedisiplinan di SMK N 1 Rota Bayat. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi interpersonal, teori Bimbingan Konseling serta penetrasi sosial. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi non partisipan. Dengan informan Guru BK yang menangani masing-masing kelas, serta siswa yang sering melanggar kedisiplinan. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan Guru BK kepada siswa yang sering melanggar kedisiplinan bisa dikatakan efektif, dimana siswa dapat secara terbuka mengungkapkan permasalahan kepada Guru BK, sikap empati, kesetaraan, saling mendukung, juga menjadi indikator keberhasilan Guru BK dalam menjalin komunikasi interpersonal kepada siswa. Komunikasi interpersonal tingkat lanjut terjalin dengan baik dalam bimbingan konseling maupun penetrasi sosial yang dilakukan Guru BK dalam memodifikasi perilaku siswa. Keberhasilan komunikasi tersebut terlihat dari perubahan periku siswa kearah yang lebih baik, serta dapat mengembangkan diri secara optimal. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Kedisiplinan, Bimbingan Konseling, Penetrasi sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Nov 2018 06:27
Last Modified: 19 Nov 2018 06:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17356

Actions (login required)

View Item View Item