STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT TOUR DE MERAPI DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DESTINASI WISATA BARU DI KABUPATEN SLEMAN

Basuki, Miftha Aliefenia (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT TOUR DE MERAPI DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DESTINASI WISATA BARU DI KABUPATEN SLEMAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT TOUR DE MERAPI DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DESTINASI WI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, media sosial dan tren pariwisata Kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta semakin gencar mengembangkan brand image pariwisata. Kabupaten Sleman melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dalam bersaing dengan daerah lainnya memiliki strategi komunikasi pemasaran event Tour de Merapi yang merupakan kegiatan touring menggunakan sepeda motor mengelilingi dan mengunjungi destinasi wisata Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Event Tour de Merapi dalam Membangun Brand Image Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Sleman mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan terdiri dari Pegawai Dinas Pariwisata, Humas Pemda, Forum Komunikasi Desa Wisata, Pegiat Wisata dan Peserta yang dipilih secara purposif sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Analisis data dengan melakukan triangulasi sumber. Hasil penelitiannya adalah strategi komunikasi pemasaran event Tour de Merapi dalam membangun brand image destinasi wisata baru di Kabupaten Sleman adalah Strategi Fun Trip atau perjalanan menyenangkan. Langkah strategi komunikasi pemasaran dimulai dari menentukan khalayak, menentukan tujuan, mengguankan saluran komunikasi personal dan non personal, menggunakan bauran promosi iklan, public relations untuk publikasi, direct marketing, promosi penjualan dan personal selling. Pada pelaksanaannya sudah tercapai sesuai dengan perencanaan, namun lokasi penempatan finish yang kurang strategis menyebabkan kurang optimalnya personal selling yang dilakukan pegiat wisata. Respon dari peserta event Tour de Merapi memiliki kesan yang positif dan termotivasi mengunjungi kembali obyek wisata yang sudah dikenalkan. Event Tour de Merapi memiliki dampak dalam penyebaran informasi tentang event tour de merapi dan pariwisata Sleman secara getok tular pada masyarakat. Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Brand Image, Event, Bauran Promosi, Pariwisata Sleman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:50
Last Modified: 16 Oct 2018 04:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16996

Actions (login required)

View Item View Item