PERSEPSI PENGGUNA JALAN TERHADAP ESTETIKA PENGGUNAAN IKLAN LUAR RUANG DI BABARSARI YOGYAKARTA SEBAGAI MEDIA PERIKLANAN

Chendani, Mutiara Sekarayu Karthika (2018) PERSEPSI PENGGUNA JALAN TERHADAP ESTETIKA PENGGUNAAN IKLAN LUAR RUANG DI BABARSARI YOGYAKARTA SEBAGAI MEDIA PERIKLANAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK indo-eng.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

Banyaknya iklan luar ruang yang terpasang membuat keadaan di Babarsari menjadi kurang tertata dan teratur. Hal ini disebabkan karena masih adanya pemasangan iklan luar ruang yang tidak pada tempatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pengguna jalan terhadap estetika penggunaan iklan luar ruang yang ada di Babarsari sebagai media periklanan, dimana penulis ingin mengetahui bagaimana tanggapan mereka terkait dengan kondisi iklan luar ruang saat ini di Babarsari. Penelitian ini menggunakan konsep model EPIC, dengan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengguna jalan yang menjadi responden penelitian merasa setuju dengan adanya pemasangan iklan luar ruang di Babarsari, karena dengan adanya iklan tersebut memberikan manfaat bagi mereka, yaitu memberikan informasi. Pengguna jalan tidak menyukai kondisi iklan luar ruang di Babarsari karena di beberapa titik masih ada yang kurang memperhatikan aspek estetika lingkungan seperti kerapihan, keindahan, kebersihan dan tatanannya. Jumlah iklan yang banyak, tumpang tindih antar iklan dan penempatan yang tidak pada tempatnya menimbulkan kesan semrawut sehingga membuat menurunnya estetika iklan luar ruang di Babarsari. Mereka menganggap bahwa sudah ada tempatnya sendiri untuk beriklan tapi mengapa masih ada saja pelanggaran padahal sudah adanya peraturan yang berlaku. Letaknya yang ada pada titik strategis, sehingga banyak iklan yang bertempat di atas jalan, membuat pengguna jalan merasa khawatir. Sehingga mereka berharap dengan adanya peraturan tersebut harus lebih ditegaskan kembali sehingga tidak adanya pelanggaran-pelanggaran dalam penyelenggaraan iklan luar ruang. Kata Kunci: persepsi, estetika, iklan luar ruang, EPIC, Babarsari

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:44
Last Modified: 16 Oct 2018 04:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16994

Actions (login required)

View Item View Item