Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya pada Komitmen Organisasional (Studi pada PT. Mandiri Herindo Adiperkasa).

Karmani, Ahmad (2018) Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya pada Komitmen Organisasional (Studi pada PT. Mandiri Herindo Adiperkasa). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan mengenai ada tidaknya pengaruh kesehatan dan keselamatan kerja terhadap kepuasan kerja serta dampaknya pada komitmen organisasional. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory, dengan jumlah sampel penelitian sebesar 110 responden, Teknik sampling yang digunakan adalah Propotionate non Stratified Random Sampling dengan mengambil sampel departemen dari perusahaan, yaitu departemen Operasional, Plant Maintenance, Logistik, General Affair, Health Safety Environment, dan Central Control Room. Alat analisis data menggunakan analisis path dengan uji t. Tempat penelitian dilakukan di PT. Mandiri Herindo Adiperkasa proyek yang ada di Site Krassi Sembakung Nunukan Kalimantan Utara. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesehatan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja, begitu pula dengan keselamatan kerja yang juga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja. Selanjutnya kesehatan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasional, serta keselamatan kerja juga berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasional, dan kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap komitmen organisasional. Selain itu pengaruh tidak langsung antara kesehatan kerja terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja juga dinyatakan berpengaruh signifikan, kemudian pengaruh tidak langsung antara keselamatan kerja terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja juga dinyatakan berpengaruh signifikan. Dimasa depan perusahaan sebaiknya lebih meningkatkan kesehatan kerja dan keselamatan kerja karyawan dengan memberikan sosialisasi, pelatihan dan perlengkapan kerja yang lebih baik agar kepuasan kerja serta komitmen organisasional para karyawan dapat lebih mudah untuk dibangun dan ditingkatkan ketahap yang lebih baik. Kata Kunci : Kesehatan Kerja, Keselamatan Kerja, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Oct 2018 02:56
Last Modified: 10 Oct 2018 02:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16856

Actions (login required)

View Item View Item