STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN BERAU KALIMANTAN TIMUR DALAM UPAYA MENJADIKAN PULAU MARATUA SEBAGAI TUJUAN UTAMA WISATA

Fariddah, Zeni (2018) STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN BERAU KALIMANTAN TIMUR DALAM UPAYA MENJADIKAN PULAU MARATUA SEBAGAI TUJUAN UTAMA WISATA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover Skripsi.pdf]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi promosi apa saja yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau dalam upaya menjadikan Pulau Maratua sebagai tujuan utama wisata. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau dalam upaya menjadikan Pulau Maratua sebagai tujuan utama wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi apa saja yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau dalam upaya menjadikan Pulau Maratua sebagai tujuan utama wisata. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini sangat perlu digunakan dalam mendapatkan sebuah hasil wawancara dengan berbagai sumber dan mendapatkan jawaban sesuai dari tujuan penelitian.. Temuan dari penelitian ini menggambarkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Berau sudah berjalan dengan baik terbukti dengan adanya proses komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau yang menggunakan 7 elemen komunikasi pemasaran yaitu: Publicity, advertising, sales promotion, public relation, personal selling, dan directmarketing, interactive marketing. Promosi yang dilakukan dan digunakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Berau dari tahun ke tahun telah mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Pulau Maratua, promosi media massa, baik media cetak maupun media elektronik selalu ditingkatkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Berau sehingga dapat memberikan efek positif pada dunia pariwisata di Kabupaten Berau. Dinas Pariwisata juga melakukan promosi melalui media sosial melalui komunikasi partisipatif yang bertujuan untuk menjadikan alat komunikasi antara masyarakat dan Dinas Pariwisata kabupaten Berau untuk memberikan informasi serta menjawab semua pertanyaan yang akan di tanya oleh masyarakat.
Kata Kunci : Strategi Promosi, Media Elektronik, Media Cetak, Proses Komunikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Oct 2018 02:42
Last Modified: 06 Mar 2024 02:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16807

Actions (login required)

View Item View Item