ROSANDY, RIKI IGA (2018) STRATEGI KREATIF PERIKLANAN BIRO IKLAN PITPAGANDA DALAM MENGIKLANKAN PRODUK DAGADU TAHUN 2017. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
cover.pdf Download (163kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
Preview |
Text
persetujuan pengesahan.pdf Download (432kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Seiring meningkatnya minat dalam dunia periklanan telah memberikan efek negatif, yaitu sampah visual. Permasalahan ini direspon baik oleh Pitpaganda yang memberikan pilihan alternatif dalam beriklan iklan luar ruang, khususnya di Yogyakarta.Penelitian ini membahas mengenai strategi kreatif periklanan biro iklan Pitpaganda dalam mengiklankan produk Dagadu tahun 2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif periklanan Pitpaganda dalam mengiklankan produk Dagadu Adapun manfaat penelitian ini agar dapat memberikan informasi, masukan ataupun wawasan bagi akademisi Ilmu Komunikasi dalam pengembangan kajian terkait teori-teori yang berhubungan dengan periklanan. Dalam proses analisis, penelitian ini menggunakan teori periklanan dan konsep strategi kreatif periklanan, serta teori lainnya seperti komunikasi, iklan, dan konsep strategi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Pitpaganda menggunakan pendekatan daya tarik emosional dalam mengkampanyekan iklan produk Dagadu di tahun 2017. Daya tarik emosional inilah yang kemudian di-pakai dalam strategi kreatif iklan Pitpaganda. Strategi kreatif iklan Pitpaganda termasuk ke dalam model inherent drama dan positioning. Strategi kreatif model inherent drama Pitpaganda untuk lebih menanamkan mengenai produk dan event promo Dagadu ke dalam benak audiens. Hal ini dikarenakan gaya beriklan Pitpaganda memberikan kesan yang unik dengan menggunakan sepeda berkeliling membawa banner iklan produk Dagadu serta berinteraksi dengan target market dengan menyebarkan brosur. Disamping itu, para Fighter Pitpaganda juga mengenakan kostum sesuai tema event promo dari Dagadu. Sedangkan strategi iklan Pitpaganda dengan model positioning yaitu menyelaraskan antara keunikan gaya beriklan mereka dengan citra Dagadu sebagai oleh-oleh khas dari kota Yogyakarta.
Kata kunci: komunikasi, iklan, Yogyakarta, Dagadu, Pitpaganda, Kreatif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 02:10 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 06:36 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16782 |
Actions (login required)
View Item |