ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI BUS TRANSJOGJA MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (Studi Kasus Trans Jogja Trayek 3A)

NAINGGOLAN, VERY JHON DAPID (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI BUS TRANSJOGJA MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (Studi Kasus Trans Jogja Trayek 3A). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 3. COVER.pdf]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHANku.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHANku.pdf

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (126kB)

Abstract

Trans Jogja merupakan salah satu transportasi massa yang beroperasi di Yogyakarta dan merupakan bagian dari program penerapan Bus Rapid Transit (BRT) yang dicanangkan departemen perhubungan. Masyarakat tidak suka menggunakan bus Trans Jogja karena halte Trans Jogja sedikit dan jauh dari lokasi tujuan sehingga masyarakat lebih suka menggunakan kendaraan pribadi Penelitian ini diharapkan memberikan perbaikan pada pelayanan di Trans Jogja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi pada bus Transjogja menggunakan metode Importance Performance and Analysys (IPA) dan Custumer Satisfaction Index ( CSI )
Hasil penelitian ini berdasarkan analisis Importance Performance Analysis (IPA), diperoleh kelima dimensi kualitas layanan yaitu bukti fisik, kehandalan, jaminan, daya tanggap, dan empati secara keseluruhan memiliki tingkat kesesuaian yang berada pada interval 82,20 – 100,00. Berdasarkan analisis Potential Gain in Custumer Values (PGCV), kategori pelayanan yang harus diprioritaskan dan ditingkatkan kualitasnya yaitu pertama mengenai Bus Transjogja menyediakan fasilitas untuk pertolongan pertama (P3K) didalam armada bus, kedua mengenai cukup luasnya area halte, sehingga tidak mengganggu kepadatan penumpang di dalam halte, ketiga mengenai suhu di dalam halte dingin dan tidak berbau, keempat mengenai kecepatan perjalanan bus sudah sesuai dan yang kelima mengenai Jumlah armada bus yang cukup banyak, sehingga tidak terlalu menunggu lama kedatangan bus berikutnya. Berdasarkan analisis Customer Satisfaction Index (CSI), diperoleh tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh atas kualitas pelayanan adalah sebesar 78,50%.
Kata Kunci : Importance Performance and Analysys (IPA), Potential Gain in Customer Values (PGCV) Custumer Satisfaction Index (CSI)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Importance Performance and Analysys (IPA), Potential Gain in Customer Values (PGCV) Custumer Satisfaction Index (CSI)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 05 Oct 2018 02:25
Last Modified: 07 Mar 2024 04:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16750

Actions (login required)

View Item View Item