FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SUSTAINABILITY REPORTING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Rizky, Dinda Exita (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SUSTAINABILITY REPORTING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
scan berkas.pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mencari bukti empiris faktor faktor penentu yang berpengaruh terhadap pengungkapan lingkungan (emisi karbon) dalam laporan keberlanjutan. Faktor yang diuji di dalam penelitian ini meliputi tipe industri, leverage, dan kantor akuntan publik. Pengukuran mengenai luas pengungkapan karbon yaitu dengan menggunakan check list yang dikembangkan berdasarkan lembar permintaan informasi yang diberikan oleh CDP (Carbon Disclosure Project). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Sampel penelitian ini dipilih dengan metode kriteria penyampelan bersasaran (purposive sampling) sehingga terpilih 31 perusahaan pemanufakturan berturut-turut mulai dari tahun 2014-2016 yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Untuk menguji faktor-faktor yang berkontribusi pada pengungkapan lingkungan (emisi karbon) penelitian ini menggunakan Uji asumsi klasik untuk analisis data dan regresi berganda untuk pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tipe industri dan kantor akuntan publik berpengaruh positif signifikan pada pengungkapan lingkungan (emisi karbon). Sementara leverage berpengaruh negatif signifikan pada pengungkapan lingkungan (emisi karbon). Kata kunci: Emisi Karbon, Gas Rumah Kaca, Laporan keberlanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:23
Last Modified: 10 Aug 2018 06:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16098

Actions (login required)

View Item View Item