PERAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PEMBERIAN KREDIT USAHA KECIL DAN MENENGAH (Studi Pada Koperasi Simpan Pinjam Di Kabupaten Kebumen)

Pamungkas, Bagus Satrio (2018) PERAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PEMBERIAN KREDIT USAHA KECIL DAN MENENGAH (Studi Pada Koperasi Simpan Pinjam Di Kabupaten Kebumen). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui efektivitas pengendalian internal yang diterapkan pada koperasi simpan pinjam, 2) Untuk mengetahui efektivitas sistem pemberian kredit usaha kecil dan menengah pada koperasi simpan pinjam, 3) Untuk mengetahui peran pengendalian internal dalam menunjang efektivitas sistem pemberian kredit usaha kecil dan menengah pada koperasi simpan pinjam. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Kebumen pada Koperasi Simpan Pinjam, Jumlah populasi dalam penelitian ini meliputi 17 koperasi simpan pinjam di Kabupaten Sleman. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3(tiga) orang di dalam satu koperasi simpan pinjam yaitu manajer, analisi pinjaman, dan Petugas dinas luar. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melaksanakan evaluasi hasil jawaban kuesioner yang telah diedarkan. Hasil jawaban responden yang dibagikan disajikan dalam sebuah tabel kemudian disajikan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran Pengendalian Internal Dalam Menunjang Efektivitas Sistem Pemberian Kredit Usaha Kecil dan Menengah sangat efektif. dibuktikan jumlah yang menjawab “YA” untuk seluruh pernyataan Peran Pengendalian Internal Dalam Menunjang Efektivitas Sistem Pemberian Kredit Usaha Kecil dan Menengah sebanyak 1378 menjawab ya sebesar 1378 : 1505 X 100% = 91,46 %. Dalam penelitian ini disarankan : 1) bagi koperasi simpan pinjam di Kabupaten Kebumen mengenai perlunya pembinaan dan pelatihan kepada semua anggota pengurus koperasi agar lebih memahami pentingnya struktur pengendalian internal dalam menjalankan kegiatan usaha koperasi. 2)Pengendalian internal terhadap pemberian kredit usaha kecil dan menengah pada koperasi simpan pinjam di Kabupaten Kebumen harus terus dievaluasi dan disempurnakan dengan mengaplikasikan indikator-indikator pengendalian internal (Control Environment, Control Activities, Risk Assesment, Information and Comunication, Monitoring on Performance, dan Tujuan Pengendalian Internal) agar sesuai dengan tujuannya dan senantiasa dapat berperan sebagaimana mestinya. Kata kunci: Pengendalian internal, Efektifitas sistem pemberian kredit,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Aug 2018 04:54
Last Modified: 10 Aug 2018 04:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item View Item