PENENTUAN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE FUZZY SERVQUAL, KUADRAN IPA DAN INDEX PGCV (Studi Kasus di Pengelola The Lost World Castle)

Utama, Panji Putra (2018) PENENTUAN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE FUZZY SERVQUAL, KUADRAN IPA DAN INDEX PGCV (Studi Kasus di Pengelola The Lost World Castle). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TA_Panji Putra Utama_Cover.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Panji Putra Utama_Lembar Pengesahan.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Panji Putra Utama_Abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TA_Panji Putra Utama_Daftar Isi.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK The Lost World Castle (TLWC) adalah spot wisata baru di wilayah Sleman bagian utara tepatnya di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman dan dikelola langsung oleh Manajemen The Lost World. Berdasarkan survey pendahuluan yang telah dilakukan, pengunjung mengeluhkan beberapa aspek pelayanan yang kurang baik seperti, bangunan yang belum selesai, area parkir yang gersang, dan sebagainya. Pengelola harus mengetahui strategi perbaikan dan peningkatan layanan yang tepat untuk diterapkan sehingga sesuai dengan keinginan pengunjung. Metode yang akan dipakai adalah metode Fuzzy-Servqual (Service Quality) untuk menentukan tingkat kepuasan pengunjung berdasarkan gap antara performansi dan ekspektasi. Metode berikutnya yang akan digunakan adalah Importance Performanced Analysis yang akan menentukan kriteria apa saja yang harus diperbaiki. Kemudian Indeks PGCV (Potential Gain Customer Value) akan menganalisis mengenai prioritas layanan yang diutamakan untuk perbaikan berdasarkan pernyataan yang telah dibuat. Hasil akhirnya adalah terdapat 5 aspek yang harus mendapatkan perbaikan, yaitu harga tiket masuk, penampilan karyawan, kebersihan area TLWC, fasilitas pelayanan seperti toilet, loket dan sebagainya, serta kondisi bangunan yang kurang menarik. Selanjutnya penelitian ini akan menghasilkan strategi yang dapat digunakan oleh pengelola TLWC untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Beberapa strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah melanjutkan pembangunan, menambahkan dan memperbaiki fasilitas- fasilitas yang ada, pembuatan seragam baru untuk karyawan, dan sebagainya. Kata Kunci: Fuzzy-Servqual, IPA, Indeks PGCV, Kepuasan Pelanggan, Wisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 30 Jul 2018 08:21
Last Modified: 30 Jul 2018 08:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15901

Actions (login required)

View Item View Item